Suka Ngebut? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tetap Aman!

1337
0
BERBAGI

Bagi beberapa orang, mengendarai mobil dengan kencang adalah suatu hiburan dan bahkan menjadi suatu kepuasan tersendiri. Meski begitu, terkadang kita juga butuh untuk berkendara lebih kencang seperti saat keadaan darurat misalnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan merangkum hal-hal yang harus anda perhatikan saat anda perlu berkendara dengan kencang atau mengebut.

1. Posisi Tangan di Kemudi

Masih banyak orang yang belum tahu bagaimana posisi tangan yang benar di lingkar kemudi. Banyak sekali kecelakan yang diakibatkan oleh posisi tangan yang salah di lingkar kemudi yang tentu saja mengakibatkan kurang lincahnya tangan saat merespon suatu kejadian di depan. Jika lingkar kemudi kita ibaratkan seperti jam, maka posisi tangan yang benar seharusnya adalah di posisi angka 9 dan angka 3 agar tangan dapat bergerak lincah dan bisa menjaga kendali mobil dengan baik.

2. Menyalakan Musik dengan Volume Kencang

Mendengarkan lagu favorit saat berkendara memang menjadi hal yang menyenangkan, tetapi mendengarkannya dengan volume yang berlebihan bisa mengakibatkan berkurangnya fokus saat berkendara. Selain itu suara musik yang berlebihan akan menutup suara dari luar, misalnya suara klakson atau mungkin suara kejadian lain yang ada di sekeliling kita yang mungkin bisa membahayakan. Selalu ingat, bahwa anda sedang mengendarai mobil dan bukan sedang di diskotek!

3. Posisi Duduk yang Tidak Benar

Hal pertama yang harus anda lakukan saat memasuki kabin pengemudi adalah menata tempat duduk anda. Sepertinya hal ini banyak disepelekan, padahal jika anda duduk dengan nyaman dan pas, maka anda bisa memegang kemudi dengan sempurna, meraih pedal gas – rem – dan kopling dengan nyaman, sehingga pengendalian mobil pun akan selalu maksimal. Pastikan posisi duduk anda tidak terlalu maju dan juga tidak terlalu mundur.

4. Selalu Melihat ke Depan

Saat berkendara kadang-kadang anda tidak fokus melihat ke depan. Mungkin anda sedang mengobrol dengan teman seperjalanan anda, bertengkar dengan pacar anda, ataupun melakukan kegiatan sambilan lainnya. Hal ini tentu saja sangat terlarang untuk anda lakukan. Anda harus benar-benar fokus melihat ke depan dan anda harus bisa membayangkan garis jalur mobil anda. Begitu juga saat anda berbelok, anda harus bisa berimajinasi menggambarkan jalur mobil anda.

5. Selalu Teliti dalam Memilih Jalur dan Memperkirakan Waktu

Berkendara bukanlah hal yang sepele karena anda harus melibatkan otak kanan dan otak kiri anda saat berkendara. Banyak kecelakaan yang disebabkan karena mobil yang melaju kencang tetapi pengemudinya tidak pandai untuk memilih jalur dan memperkirakan waktu yang tepat. Jadi jangan sampai anda kehilangan fokus.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY