Isuzu MU-X Akan Punya Varian Baru di Indonesia, Apakah Sama dengan Versi...

Isuzu MU-X Akan Punya Varian Baru di Indonesia, Apakah Sama dengan Versi Baru di Thailand?

1606
0
BERBAGI
MU-X terbaru bakal masuk Indonesia? (Foto: autodeft)

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Isuzu di Indonesia saat ini masih menjual produk Isuzu MU-X yang hanya hadir dalam satu varian saja, yaitu MU-X dengan mesin diesel berkapasitas 2.5-liter commonrail VGS 4X2. Padahal, varian terbaru dari SUV ini sudah muncul di Thailand bulan Maret lalu dengan mesin yang juga baru dan disebut-sebut menawarkan keunggulan tersendiri.

Saat itu, kabarnya IAMI belum ada niatan untuk memboyong varian anyar MU-X tersebut karena kepentok dengan standar emisi yang berbeda antara Thailand dengan Indonesia. Maklum saja, mesin baru MU-X yang berkapasitas 1.9 Liter Ddi Blue Power tersebut memang bukan mesin sembarangan, karena meski lebih kecil kapasitasnya, tapi tenaga dan torsinya justru meningkat dengan signifikan. Nah, saat ini telah beredar kabar baru yang mengatakan bahwa IAMI akan menambahkan lagi varian SUV terbarunya ke pasaran. Apakah New MU-X yang dimaksud?

Varian yang Masih Rahasia

Keiji Takeda yang menjabat sebagai Presiden Direktur IAMI telah memastikan bahwa IAMI akan menambah varian baru lagi bagi kendaraan SUV-nya. Takeda juga tak mengelak ketika ditanya apakah MU-X yang dimaksud. Sayangnya, Takeda tidak mau membocorkan apakah MU-X yang dimaksudnya adalah varian yang telah mengadopsi mesin Ddi Blue Power terbaru atau bukan.

Jika menggunakan mesin 1.9 L yang sama dengan versi Thailand, wah.. Fortuner dan Pajero Sport harus siap-siap! (Foto: Indianautosblog)
Jika menggunakan mesin 1.9 L yang sama dengan versi Thailand, wah.. Fortuner dan Pajero Sport harus siap-siap! (Foto: Indianautosblog)

Jika benar varian tersebut yang akan hadir, maka ini akan menjadi senjata bagi MU-X untuk menggoyang tahta SUV besar di Indonesia yang saat ini masih diperebutkan secara sengit oleh All New Toyota Fortuner dan All New Mitsubishi Pajero Sport. Betapa tidak, konfigurasi mesin diesel baru berkapasitas 1.898 cc yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan Rev-Tronic ini diklaim bisa menghasilkan tenaga 150 ps dengan torsi 350 Nm. Sedikit mendekati perolehan tenaga dan torsi Fortuner. Bedanya, Fortuner membutuhkan mesin 2.4 L untuk mencapai angka tersebut, sedangkan MU-X hanya perlu mesin 1.9 L.

Mesin 1.9 L Ddi Blue Power ini yang jadi senjata rahasia MU-X untuk bersaing di segmen SUV (Foto: motomazine)
Mesin 1.9 L Ddi Blue Power ini yang jadi senjata rahasia MU-X untuk bersaing di segmen SUV (Foto: motomazine)

Tapi perlu diingat, ini mesin yang dipakai di Thailand ya. Jika masuk Indonesia, tentu perlu ada penyesuaian mengingat standar emisinya saja sudah berbeda. Lalu, apakah IAMI akan tetap mempertahankan mesin MU-X lamanya saja dan hanya memberikan ubahan pada eksterior-interior? Entahlah. Kita masih harus bersabar beberapa waktu lagi untuk menemukan kejelasan. Sebagai informasi, MU-X anyar di Thailand mendapat bandrol setara dengan Rp 408 jutaan. Ini tentu kisaran harga yang menarik untuk berkompetisi di segmen SUV dalam negeri bukan? Ikuti terus perkembangan beritanya bersama kami!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY