Suzuki Indonesia Akan Luncurkan Crossover Murah?

Suzuki Indonesia Akan Luncurkan Crossover Murah?

1920
0
BERBAGI
Wagon R versi crossover? Bagaimana menurut Anda? (Foto: Indianautosblog)

Dunia otomotif Indonesia belakangan ini lumayan riuh membicarakan bocoran info yang beredar dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Dikabarkan bahwa PT SIS akan memanfaatkan ajang Jakarta Fair 2016 (pekan Raya Jakarta) yang digelar akhir bulan Mei 2016 ini di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat untuk meluncurkan satu produk baru yang akan dipasarkan di Indonesia. Rumor yang beredar, produk baru itu adalah Suzuki Wagon R versi crossover.

Mobil ini sebenarnya sudah lama dipasarkan di India, dengan nama Suzuki Wagon R Xrest. Pertama kali diluncurkan di India pada tahun 2014, mengisi pasar mobil murah, Wagon R Xrest menjadi pilihan alternatif bagi konsumen yang menginginkan mobil crossover dengan harga terjangkau. Sebelumnya, pasar mobil crossover di India telah diisi oleh Fiat Avventura, Toyota Etios Cross dan VW Polo.

Crossover Murah

Suzuki Karimun Wagon R yang menganut aliran crossover ini menandakan bahwa Suzuki juga tidak mau kalah mengejar trend crossover dan SUV yang akhir-akhir ini lumayan digemari oleh para pengguna mobil di Indonesia. Suzuki juga melakukan ‘pembaruan’ ini karena merasa bahwa pasar suzuki di kategori mobil murah sudah terasa datar akhir-akhir ini, jadi butuh penyegaran agar pasar bisa dikembangkan lagi.

Suzuki Karimun Wagon-R XRest yang keluar di India tahun 2014 (foto : otonity.com)
Suzuki Karimun Wagon-R XRest yang keluar di India tahun 2014 (foto : otonity.com)

Berita yang beredar sampai hari ini memang masih sekedar rumor, tetapi jika memang benar Karimun Wagon R Crossover ini akan diluncurkan saat gelaran Jakarta Fair 2016, apakah mungkin hal ini dilakukan untuk menyaingi pasar Honda Brio yang baru saja melakukan penyegaran? Atau bahkan Suzuki indonesia sudah siaga untuk mengkal serangan Datsun yang juga mungkin akan memasukkan crossover murah ke Indonesia? Tetapi paling tidak, jika benar-benar diluncurkan di Indonesia, tentu saja Karimun Wagon R Crossover ini akan masuk ke dalam segmen crossover menengah ke bawah yang belum mempunyai lawan saat ini.

Tampang Lebih Segar

Karimun yang dijual saat ini ada dua varian, Karimun Wagon R GS dan Karimun Wagon R AGS. Melihat dari bentuk Suzuki Wagon R Xrest yang ada di india, bentuknya memang banyak mengalami perubahan. Terlihat segar, walaupun memang bentuk dasarnya masih terlihat sama. Body bagian bawah terlihat sangat berbeda, selain itu body kit yang berbahan plastik juga menambah aura tangguh untuk segala medan.

siap mengisi segmen pasar kelas menengah kebawah (foto : tribunnews.com)
siap mengisi segmen pasar kelas menengah kebawah (foto : tribunnews.com)

Sektor kaki juga mendapat perhatian dengan disematkannya velg palang enam dengan desain yang lumayan sporty. Beberapa detail lainnya juga terlihat lebih garang, seperti desain grill depan, lampu proyektor, dan warna body kit hitam. Sementara mesin yang digunakan serupa dengan yang saat ini beredar di Indonesia. Dapur pacu berkode K10 ini punya kapasitas 1.000 cc berdaya 67 hp, disalurkan dengan transmisi standarnya yang manual 5 percepatan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY