Ngeri, 5 Mobil Murah Buatan India Tidak Lolos Crash Test Global NCAP!

Ngeri, 5 Mobil Murah Buatan India Tidak Lolos Crash Test Global NCAP!

1154
0
BERBAGI
(sumber : Global NCAP)

Mobil murah? Entahlah, di telinga kami sendiri kata-kata mobil murah saja sudah menimbulkan banyak pertanyaan. Murah dari segi performa, murah dari segi desain, dan murah dari segi ketahanan karena tidak dilengkapi dengan standar perangkat keamanan yang memadai. Dan bicara soal mobil murah, India adalah salah satu negara yang gemar memproduksi mobil murah dengan deskripsi yang kami sebutkan di atas. Sebelum anda melanjutkan untuk membaca artikel ini, perlu dicatat bahwa kami sama sekali tidak punya tendensi untuk menjelekkan mobil produksi India, tetapi kami memang hanya tidak ‘sreg’ dengan mobil murah…. buatan India. Melalui artikel ini akan anda temukan jawaban mengapa kami tidak ‘sreg’.

Beberapa hari yang lalu, Global NCAP melaluli website-nya merilis hasil crash test terakhir yang dilakukan kepada mobil murah buatan India. Hasilnya sangat mengejutkan, karena 5 mobil murah buatan India sama sekali tidak mendapatkan bintang keselamatan, yang artinya bahwa mobil-mobil tersebut sama sekali tidak aman untuk dikendarai! Sebenarnya, jika kita bilang skor yang diraih tidak terlalu tinggi itu menurut kami wajar, karena mobil murah pasti minim fitur penjamin keselamatan. Tetapi tidak mendapatkan bintang sama sekali adalah sesuatu yang sangat menyedihkan.

Kwid, Scorpio, Celerio, Eeco dan Eon Dapat Bintang Nol

Beberapa mobil yang diuji oleh Global NCAP tersebut adalah Renault Kwid, Mahindra Scorpio, Maruti Suzuki Celerio, Maruti Suzuki Eeco, dan Hyundai Eon. Renault Kwid yang diuji bahkan ada tiga seri dan salah satunya sudah memakai airbag.

Renault Kwid (I) No Airbag, Remuk (foto Global NCAP)
Renault Kwid (I) No Airbag, Remuk (foto : Global NCAP)

Renault Kwid tanpa airbag tidak mendapatkan nilai dalam kaitannya dengan proteksi penumpang dewasa, tetapi mendapatkan dua bintang untuk proteksi penumpang anak-anak. Tanpa diuji pun kita pasti sudah bisa menduga bahwa mobil tanpa airbag jelas tidak akan mendapatkan nilai memuaskan karena terhitung abai terhadap standar keselamatan. Eh, tapi Global NCAP juga menguji Renault Kwid yang menggunakan airbag, dan hasilnya tetap Zero Star. Rasanya kami tak perlu menjelaskan pula jika airbag di mobil murah berarti airbag-nya juga yang murah.

Suzuki Maruti Celerio tanpa airbag (foto : Global NCAP)
Maruti Suzuki Celerio tanpa airbag (foto : Global NCAP)

Maruti Suzuki Eeco mendapatkan hasil yang sama dengan Renault Kwid, yakni tidak mendapatkan bintang untuk keamanan penumpang dewasa, tetapi mendapatkan dua bintang untuk penumpang anak-anak. Struktur yang mudah runtuh pada kompartemen penumpang menjadi salah satu penyebab utamanya. Begitu juga dengan Maruti Suzuki Celerio yang bahkan hanya mendapatkan satu bintang untuk keamanan penumpang anak-anak. Absennya fitur airbag jadi masalah utama di mobil ini.

Mahindra Scorpio, No Airbag (foto : Global NCAP)
Mahindra Scorpio, No Airbag (foto : Global NCAP)

Sedangkan untuk Mahindra Scorpio, hasilnya tidak jauh berbeda alias sama saja. Meraih zero star untuk penumpang dewasa, dan dua bintang untuk penumpang anak-anak. Kekuatan struktur dan tidak adanya airbag juga menjadi penyebab utamanya. Hyundai Eon pun sama saja, hasilnya tidak berbeda, tidak mendapatkan bintang untuk penumpang dewasa, dan hanya mendapatkan dua bintang untuk penumpang anak-anak.

Hyundai Eon No Airbag (foto : Global NCAP)
Hyundai Eon No Airbag (foto : Global NCAP)

Bagaimanapun juga, mobil murah tetaplah mobil murah. Apa yang anda harapkan dari membeli mobil murah? Kenyamanan? Keamanan? Performa? Lupakan saja. Jika anda sedang berencana untuk membeli murah, kami sarankan tahan dulu saja keinginan anda. Lebih baik anda menabung lagi untuk membeli ‘mobil sungguhan’. Tetapi jika anda sudah kadung membeli mobil murah, ya sudah, tidak perlu dijual lagi daripada anda rugi banyak. Lha wong beli baru saja sudah murah, kalau mau dijual bekas ya pasti harganya lebih murah lagi.

Lalu, bagaimana hasilnya jika mobil murah berlabel LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia mengikuti crash test ya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY