Honda Freed Generasi Terbaru Sedang Uji Jalan, Toyota Sienta Perlu Waspada!

Honda Freed Generasi Terbaru Sedang Uji Jalan, Toyota Sienta Perlu Waspada!

1334
0
BERBAGI
Spyshot Honda Freed yang sedang diuji coba (Foto: Indianautosblog)

Kemunculan Toyota Sienta di Indonesia beberapa waktu lalu memang cukup menjadi angin segar bagi Toyota (sekaligus angin segar bagi Honda, karena membuat Freed kembali diperbincangkan) karena menjadi pemain baru di segmen MPV 7-penumpang dengan menawarkan beberapa hal menarik. Mobil ini sendiri kabarnya baru akan tiba di rumah konsumen setidaknya pada bulan Juni-Juli mendatang, dan sekarang sebuah kabar baru membuat MPV anyar ini wajib bersiap-siap.

Sebuah gambar spyshot Honda Freed generasi terbaru yang berlapis kamuflase ramai diperbincangkan di jagad maya. Ini berarti rumor Honda yang tengah bersiap untuk memunculkan generasi terbaru lawan Sienta ini mulai mendapatkan titik terang. Beberapa spesifikasi yang disebutkan bahkan bisa membuat Toyota dengan Sientanya ketar-ketir. Kenapa?

Honda Keranjingan Turbo

Meskipun pihak Honda belum membocorkan apa-apa, namun nampaknya para spekulan telah mempunyai dugaan-dugaan kuat tentang calon Freed terbaru ini. Dari perkiraan tersebut, salah satu hal yang menarik adalah rumor penggunaan mesin berkapasitas kecil dengan dukungan turbo. Andai benar Freed akan kebagian mesin turbo, Sienta bisa kalah performa. Tapi perlu dicatat dahulu, Freed terbaru ini baru akan dipasarkan di Jepang. Model versi Indonesianya sih bisa bikin kita harap-harap cemas, karena masih ragu apakah juga akan mendapatkan spesifikasi yang sama dengan Freed di Jepang.

Honda Jazz (Honda Fit) juga menjadi salah satu mobil anyar Honda yang kebagian mesin 1.000 cc dengan turbo (Foto: motorchase)
Honda Jazz (Honda Fit) juga menjadi salah satu mobil anyar Honda yang kebagian mesin 1.000 cc dengan turbo (Foto: motorchase)

Jika selama ini Honda Freed dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder i-VTEC, maka generasi terbaru dari Freed disinyalir bakal bongkar mesin dan memakai mesin dengan kapasitas lebih kecil, yakni 1.000 cc 3-silinder dengan turbo. Jika benar, maka dapat dibilang Honda kini tengah keranjingan turbo. Kenapa? Karena rumor Honda Jazz terbaru (dikenal juga sebagai Honda Fit di Jepang dan beberapa negara lain) juga akan kebagian mesin turbo. Bahkan, mesin tersebut disebut merupakan mesin yang sama dengan kepunyaan Honda Civic khusus pasar Jepang.

Menerka Eksterior dan Interior Honda Freed Terbaru

Jika Honda Freed terbaru bakal mendapatkan mesin baru, lalu bagaimana dengan ubahan pada eksterior dan interiornya? Melalui foto yang diunggah oleh akun @skyline_0315 via Twitter tersebut, dapat kita lihat bahwa Freed yang tengah diuji jalan ini akan mengadopsi bahasa desain baru dari Honda dengan grille Solid Wing Face yang besar. Bumper dan kap mesinnya mendapatkan ubahan, sementara sisi samping masih mengandalkan fitur pintu geser yang telah menjadi khas dari Honda Freed.

Gambar render Honda Freed terbaru yang muncul di salah satu media cetak Jepang (Foto: theautocar)
Gambar render Honda Freed terbaru yang muncul di salah satu media cetak Jepang (Foto: theautocar)

Bagaimana dengan bagian dalamnya? Sayang sekali tidak ada bocoran maupun gambar yang tersedia untuk kita simak. Namun, besar kemungkinan Honda akan memberikan beberapa fitur baru dan head unit baru dengan teknologi terkini. Ubahan pada sisi interior lain seperti jok baru yang lebih nyaman juga rasanya patut menjadi perhatian.

Well, meskipun masih belum jelas apakah Freed ini juga yang akan masuk ke Indonesia kelak, namun setidaknya Toyota Sienta perlu mawas diri karena lawannya ini memiliki spesifikasi yang tidak dimilikinya. Bagaimana menurut Anda tentang calon Freed terbaru ini? Sampaikan di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY