Agya 7-Seater Akan Dinamai Toyota Calya, Harganya Rp 130 Jutaan

Agya 7-Seater Akan Dinamai Toyota Calya, Harganya Rp 130 Jutaan

8091
0
BERBAGI
Toyota Calya yang tengah ramai diperbincangkan kemunculannya menjadi salah satu bukti bahwa peminat mobil di segmen low MPV cukup besar (Foto: Otomania)

Sudah sejak awal tahun ini santer tersiar rumor kemunculan mobil LCGC (Low Cost Green Car) terbaru keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor yang bermain di segmen MPV 7 penumpang. Calon MPV yang digadang-gadang menggunakan basis Agya-Ayla ini akhirnya diketahui telah masuk ke dalam daftar TPT Online Kemenperin.

Selepas kemunculannya di daftar tersebut, kali ini muncul kabar terbaru yang menuntaskan rasa penasaran kalangan otomotif Indonesia dengan kemunculan fotonya pada website majalah otomotif, Autobild Indonesia dan Otomania. Melihat logo di bagian depan, calon MPV LCGC ini masih menggunakan logo Garuda yang sama dengan milik Agya.

Gunakan Bahasa Sansekerta, MPV LCGC Ini Dinamai Toyota Calya

Mengingat Toyota Agya dahulu mengambil namanya dari bahasa Sansekerta, maka hal serupa juga terjadi pada MPV LCGC ini. Nama Calya dipilih karena memiliki arti ‘tanpa cacat’. Harus kami akui, pemilihan nama yang indah dengan arti yang bagus tetap masih memunculkan tanda tanya besar mengenai kemampuannya di jalanan nanti, apakah juga tanpa cacat ataukah tak jauh beda dengan LCGC lainnya?

Logo Garuda khas Agya juga muncul di Calya (Foto: Autobild)
Logo Garuda khas Agya juga muncul di Calya (Foto: Autobild)

Sebelum kita mengetahui kenyataan performa di lapangan, kita kupas saja dahulu urusan spesifikasinya. Melalui foto yang diunggah Autobild dan Otomania tersebut, dapat dicermati bahwa Calya memiliki grille besar yang juga dimiliki oleh Toyota Veloz. Kesamaan desain ini nampaknya merupakan penerapan desain keen-look yang mulai digunakan pada model-model Toyota terbaru.

Pengaturan kursinya bakal seperti GO+ Panca, yakni 5+2 (Foto: specmobilbaru)
Pengaturan kursinya bakal seperti GO+ Panca, yakni 5+2 (Foto: specmobilbaru)

Meskipun disebut bakal mampu menampung 7 orang penumpang, kami meyakini bahwa Toyota Calya tak akan jauh berbeda dengan Datsun GO+ Panca, yakni bukan murni 7 penumpang melainkan menggunakan konfigurasi kursi 5+2. Datsun yang merajai segmen MPV LCGC 7 penumpang harus siap-siap singgasananya dikudeta oleh Toyota, nih!

Prediksi Mesin dan Harga

Jika berdasarkan regulasi LCGC, maka besar kemungkinan mobil ini akan menggunakan mesin 1.200 cc yang sama dengan milik Etios Valco, yakni mesin berkode 3NR-FE. Untuk urusan transmisi, besar kemungkinan Toyota Calya akan berbagi transmisi otomatis 4-percepatan yang juga digunakan oleh Agya-Ayla. Perkara mobil ini kebagian teknologi Dual VVT-i seperti Avanza atau tidak, hal ini masih dipertanyakan. Meskipun kemungkinan menggunakan mesin yang sama dengan Etios Valco, seharusnya akan ada penyesuaian besaran tenaga mengingat dimensi dan bobot mobil ini akan lebih dari dimensi dan bobot Etios Valco.

Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)
Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)

Berhubung ini adalah mobil LCGC yang berarti mendapat keringanan pajak dari pemerintah, maka prediksi harganya pun kemungkinan besar tak akan jauh berbeda dari bandrol Agya. Selisih 10-15 juta rasanya masih cukup masuk akal. Banyak kalangan memprediksi harga mobil ini akan berada di kisaran Rp 130 – 150 jutaan. Jika anda tertarik dengan mobil ini, nantikan saja kemunculannya di bulan Agustus mendatang bertepatan dengan GIIAS 2016.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY