Rayakan Ulang Tahun M3 ke-30, BMW Rilis 500 unit ’30 Years M3′

Rayakan Ulang Tahun M3 ke-30, BMW Rilis 500 unit ’30 Years M3′

633
0
BERBAGI
(sumber : autoblog.com)

BMW tengah menyiapkan sebuah mobil edisi spesial untuk merayakan hari ulang tahun model M3 yang ke-30. Rencananya, mobil edisi ulang tahun ini hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 500 unit di dunia. Debut pertama BMW E30 M3 dimulai pada gelaran Frankfurt Auto Show 1985 dan mulai dijual pada 1986.

BMW telah menambahkan sejumlah fitur baru untuk edisi ulang tahun ini, baik di sektor interior maupun eksterior. Interior ‘30 Years M3’ pada bagian jok terbungkus kulit dari Merino berwarna hitam-biru. Sementara itu, versi opsional tersedia warna kombinasi hitam dan silverstone berikut jahitan dengan kelir kontras. Pada headrest bagian depan juga terdapat bordir bertulis ’30 Years M3′. Penanda lain untuk seri ulang tahun ini juga ada pada bagian panel bawah pintu yang ditempeli emblem khusus dan terdapat plakat nomor urut produksi pada dashboard. Bagian bodi BMW M3 diberi cat khusus warna macao blue metallic.

Peningkatan Performa, Peningkatan Harga

Penyegaran khusus tidak hanya diberikan pada bagian interior dan eksteriornya saja, tetapi juga pada sektor performa. Untuk versi standar, mobil menggunakan mesin 2.979 cc twin turbo yang sanggup mengeluarkan daya hingga 425 hp, sedangkan untuk versi ulang tahunnya BMW menambahkan kekuatannya sebesar 19 hp yang membuat kekuatannya mencapai 444 hp. Selain itu, pihak BMW juga melakukan modifikasi pada kaki-kaki untuk mendukung performa mesin mobil ini. Khusus edisi ultah ini, BMW menambahkan suspensi M dengan per baru, dampers, dan stabilizers.

mesin baru dengan tenaga lebih besar (sumber : driving.ca)
mesin dengan tenaga lebih besar (sumber : driving.ca)

Sedangkan pada bagian transmisinya, BMW memberikan dua pilihan transmisi sebagai penyalur tenaganya dari mesin, yaitu manual atau automatic double clutch transmision (DCT). BMW mengklaim jika mesin dipasangkan ke transmisi DCT versi terbaru, M3 mampu melibas 0–100 kilometer per jam dalam waktu empat detik.

emblem khusus ulang tahun M3 (sumber : BMW blog)
emblem khusus ulang tahun M3 (sumber : BMW blog)

BMW ‘30 Years M3’ yang diproduksi hanya 500 unit secara global ini juga mempunyai selisih harga yang lebih mahal sekitar 10 ribu euro atau sekitar 151 juta rupiah bila dibandingkan M3 standar. Seperti yang sudah diketahui, M3 standar dijual seharga 72.600 Euro atau sekitar kurang lebih Rp 1,1 miliar (untuk pasaran Eropa).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY