Tahun 2017 Suzuki Swift Sport Bermesin Turbo?

Tahun 2017 Suzuki Swift Sport Bermesin Turbo?

950
0
BERBAGI
(sumber : indianautoblog)

Rumor akan dirilisnya Suzuki Swift dan Swift Sport generasi terbaru pada tahun 2017 tengah ramai beredar di dunia media otomotif online. Kami sangat tertarik karena dari kabar-kabar yang beredar itu terdengar selentingan bahwa Swift Sport yang baru ini akan memakai mesin turbo. Yak betul, Turbo! Sepertinya demam turbo untuk mesin-mesin kecil masih akan berlangsung lama.

Sebagai informasi, Swift Sport yang beredar saat ini menggunakan mesin naturally aspirated M16A 1586 cc, termasuk yang dijual di Indonesia. Sedangkan untuk Swift standar menggunakan mesin K14B yang berkasitas lebih kecil, yakni 1372 cc. Kedua mesin ini mempunyai perbedaan power yang lumayan mencolok. Menurut data di atas kertas, mesin Swift Sport saat ini mampu menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 160 Nm, sedangkan Swift standar hanya memiliki 93 hp dan torsi sebesar 130 Nm.

Mesin Lebih Kecil, Tenaga Lebih Besar

Sampai saat ini memang belum ada pernyataan resmi dari suzuki mengenai akan dirilisnya Kedua varian Swift ini. Walau begitu, banyak media otomotif yang sudah membicarakannya dan memberikan prediksinya. Swift generasi terbaru misalnya, disebut akan menggunakan mesin 3 silinder 1000 cc turbo yang sama dengan milik baleno.

prediksi desain Suzuki Swift Sport Turbo (sumber : paultan.org)
prediksi desain Suzuki Swift Sport Turbo (sumber : paultan.org)

Sedangkan untuk Swift Sport generasi terbaru menggunakan mesin yang berbeda, yaitu Boosterjet 1400 cc yang diambil dari crossover Vitara S, bertenaga hingga 138 hp. Selain pada mesin, untuk lebih meningkatkan performanya suzuki juga memperbaiki beberapa sektor seperti mengurangi bobot mobil hingga dibawah 1000 kg, slick manual gearbox dan membenahi kemampuan manuvernya.

Salah satu kemunculan Suzuki Swift dan Swift Sport terbaru di media Jepang (Foto: xetaitphcm)
Salah satu kemunculan Suzuki Swift dan Swift Sport terbaru di media Jepang (Foto: xetaitphcm)

Kalau rumor ini benar adanya, bagaimana tanggapan Anda? Pastinya Suzuki Swift akan lebih menarik bukan? Apalagi mobil ini dikenal cukup fun to drive karena mempunyai handling yang bagus dengan suspensi mantap.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY