Suzuki Ertiga Buatan Indonesia dapat 4 Bintang di Crash Test ASEAN NCAP

Suzuki Ertiga Buatan Indonesia dapat 4 Bintang di Crash Test ASEAN NCAP

1383
0
BERBAGI

ASEAN NCAP baru-baru ini merilis hasil crash test yang dilakukan kepada dua mobil buatan Suzuki, yaitu Suzuki Ciaz dan Suzuki Ertiga. Pada pengujian ini, ASEAN NCAP mengambil sample Suzuki Ertiga buatan Indonesia (untuk pasaran Indonesia, Brunei, Filipina, Thailand dan Vietnam) dan Suzuki Ciaz buatan Thailand (untuk pasaran Indonesia, Kamboja, Filipina, Laos, Singapore dan Vietnam). Sebagai informasi, Ertiga merupakan model ketiga dari Suzuki yang pernah diuji oleh ASEAN NCAP.

ASEAN NCAP menggunakan dua kategori peringkat untuk menilai mobil yang akan diuji, Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection (COP). Untuk crash test, ASEAN NCAP menggunakan perangkat khusus untuk membuat mobil ini melaju pada kecepatan 64 km/jam pada offset frontal crash test. Momen ini dikondisikan agar sisi kanan mobil menabrak benda padat. Gambaran cidera pada penumpang diilustrasikan dengan menggunakan boneka berbentuk manusia yang diberi sensor khusus di setiap bagian termasuk kepala, leher dan dada. Hasil dari sensor itu akan digunakan ASEAN NCAP untuk penilaian keselamatan penumpangnya.

Keduanya Relatif Aman

Kedua mobil Suzuki yang diuji oleh ASEAN NCAP ini sama-sama mendapat nilai akhir empat bintang dari skala maksimal lima bintang (AOP), sedangkan untuk penilaian COP baik Ertiga maupun Ciaz juga sama-sama mendapatkan dua bintang. Wah, ternyata untuk mobil sekelas Low MPV ini lumayan memperhatikan urusan keselamatan juga ya?!

Suzuki Ertiga Buatan Indonesia bisa Meraih 4 Bintang (Sumber : ASEAN NCAP)
Suzuki Ertiga Buatan Indonesia bisa Meraih 4 Bintang (Sumber : ASEAN NCAP)

Untuk penilaian angkanya, ASEAN NCAP memberikan poin 12,39 untuk Suzuki Ertiga karena MPV ini memiliki dual airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. Sementara untuk COP, Ertiga hanya memperoleh 33 persen atau setara dua bintang karena tidak dilengkapi dengan Isofix. Untuk Suzuki Ciaz, ASEAN NCAP mengupahi model ini dengan 14,56 poin untuk AOP, sedangkan untuk COP, Ciaz lebih baik dari Ertiga dengan memperoleh angka 37 persen. Meski demikian, model ini juga tak punya Isofix.

Suzuki Ciaz Buatan Thailand juga Mendapat 4 Bintang, beda dengan Suzuki Ciaz Buatan Indonesia lho..hehe.. (Sumber : ASEAN NCAP)
Suzuki Ciaz Buatan Thailand juga Mendapat 4 Bintang (Sumber : ASEAN NCAP)

Tapi bagaimana dengan nasib Suzuki Ciaz buatan Indonesia ya? Mengingat Suzuki Ciaz buatan Indonesia memiliki beberapa perbedaan spek dan pemotongan beberapa fitur, termasuk fitur keamanannya. Semoga saja kekuatan Ciaz buatan Indonesia bisa setara dengan Ciaz Buatan Thailand.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY