5 Model Mobil yang Meniru Desain Mobil – Mobil Terkenal di Dunia

1366
0
BERBAGI

Keberhasilan suatu model mobil di pasaran kerap menjadi inspirasi bagi pabrikan lain untuk membuat model mobil yang sejenis namun sesuai dengan identitas masing-masing pabrikan. Sayangnya ada juga pabrikan yang mengambil jalan pintas dengan menjiplak terang-terangan suatu model mobil. Berikut ini kami telah merangkum 5 model mobil yang meniru desain mobil – mobil terkenal di dunia.

Land Wind X7

SUV premium berstatus impor adalah komoditas yang cukup laris di China. Namun, besarnya pajak dan bea masuk membuat harga SUV mewah jadi kian mahal dan tak terjangkau. Hal ini yang mendorong beberapa pabrikan lokal seperti Land Wind membuat mobil dengan menjiplak desain  SUV premium. Salah satu pabrikan yang kemudian terkena imbasnya adalah Jaguar Land Rover dimana Land Wind  menjiplak desain Range Rover Evoque. Mobil tiruan kwalitas super ini dinamai Land Wind X7. Pihak Jaguar Land Rover telah berupaya untuk melayangkan tuntutan ke pihak Land Wind yang secara terang-terangan menjiplak desain mobil mereka. Sayangnya upaya ini gagal karena tidak adanya kebijakan Hak Kekayaan Intelektual di China yang melarang hal tersebut.

Zotye S21

Tak hanya Jaguar Land Rover yang mobilnya dijiplak oleh pabrikan otomotif asal China. Kali ini model mobil Audi yang ikut dikloning oleh pabrikan Zotye. Model yang ditiru adalah Audi Q3 dan diproduksi oleh Zotye dengan nama S21. Eksterior mobil ini sangat mirip dengan Audi Q3, bahkan jika diamati dengan teliti pun pasti agak sulit membedakannya dengan Audi Q3. Tak hanya itu, bagian interior mobil ini pun terkesan asal comot seenaknya karena meminjam desain Tesla Model S lengkap dengan layar sentuh besar dengan user interface yang terlihat mirip seperti milik Tesla Model S. Mobil ini menggunakan mesin bensin 1500 cc turbo dengan gearbox manual 5-percepatan dan CVT.

Zotye T700

Sebelum menggegerkan dunia otomotif karena menjiplak desain Audi Q3, zotye sudah lebih dulu terkenal karena menjiplak Porsche Macan. Pihak Porsche merasa tidak senang dengan kelakuan Zotye ini dan melayangkan tuntutan di pengadilan. Desain yang dipakai oleh Zotye benar-benar sama dengan Porsche Macan meski sudah diubah bentuk headlamp, foglamp dan tail lamp-nya. Tetapi soal interior, Zotye lebih memilih interior milik Porsche Cayenne, apalagi bagian konsol tengahnya. Perbedaan juga terlihat di spek mesin karena Zotye hanya menggunakan mesin 2000 cc 4-silinder tanpa turbo bertenaga 177 hp.

Brilliance V5

Jika Jaguar Land Rover dan Porsche keberatan mobilnya dijiplak, lain halnya dengan BMW yang tidak mempermasalahkan desain BMW X1 ditiru oleh pabrikan Brilliance. Model BMW X1 tersebut digunakan secara terang-terangan pada model Brilliance V5. Usut punya usut, hal ini dikarenakan Brilliance China Automotive Holdings memegang 50 persen saham kepemilikan di perusahaan patungan BMW-Brilliance. Tak hanya membuat tiruan X1, perusahaan joint venture ini juga memproduksi, mendistribusikan dan menjual BMW X1 yang asli  

Lifan 330

Sebagai mobil dengan model yang ikonik, tak heran jika MINI Cooper menjadi salah satu mobil yang desainnya terkena kasus penjiplakan. Mobil tiruan MINI Cooper tersebut bernama Lifan 330 dan telah “konsisten” meniru desain MINI Cooper sejak tahun 2008. Salah satu wujud konsistensinya adalah melakukan facelift di tahun 2013 agar tetap mirip dengan evolusi MINI Cooper. Mobil kloningan MINI Cooper ini bahkan telah dijual ke negara-negara dengan peraturan hukum hak cipta yang longgar seperti di Peru dan Rusia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY