Mengintip Persiapan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Sebelum Diluncurkan

Mengintip Persiapan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Sebelum Diluncurkan

5074
0
BERBAGI
Toyota Calya yang tengah ramai diperbincangkan kemunculannya menjadi salah satu bukti bahwa peminat mobil di segmen low MPV cukup besar (Foto: Otomania)

Segmen pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas 7-penumpang yang selama ini dikuasai oleh Datsun dengan GO+ Panca mulai kedatangan calon pemain-pemain baru. Meski wacana pengembangan mobil LCGC 7-penumpang telah santer terdengar dari berbagai Agen Pemegang Merek (APM), namun beberapa diantaranya masih tarik-ulur sehingga patut dipertanyakan keseriusannya.

Memasuki semester kedua 2016 ini, Toyota dan Daihatsu mengambil langkag tegas untuk memulai terlebih dahulu kemunculan mobil baru di segmen LCGC 7-penumpang dengan bersiap melepas Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, dua mobil yang disebut-sebut merupakan pengembangan lebih lanjut dari Toyota Agya dan Daihatsu Sigra. Lalu, sejauh mana kesiapan kedua mobil ini?

Sudah Terdaftar di Kementerian Perindustrian dan Mendapat Izin Produksi

Sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia, setiap kendaraan yang akan diproduksi wajib untuk terdaftar di Tanda Pendaftaran Tipe Otomotif (TPT) Kementerian Perindustrian. Kendaraan yang telah terdaftar akan memperoleh izin untuk memproduksi kendaraannya. Begitu juga dengan kedua mobil ini.

Data dari TPT Kemenperin untuk calon kendaraan baru dari Toyota (Foto: Kemenperin)
Data dari TPT Kemenperin untuk calon kendaraan baru dari Toyota dan Daihatsu yang pernah ramai diperbincangkan (Foto: Kemenperin)

Menurut pihak Kementerian Perindustrian, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah terdaftar dan berhak untuk mulai diproduksi. Dengan demikian, kita tinggal menunggu kepastian peluncurannya saja, apakaha benar di bulan Agustus mendatang atau malah lebih cepat?

Berbagi Platform dengan Versi Hatchbacknya

Sesuai yang telah ramai diperbincangkan, Toyota Calya dapat juga dikatakan sebagai Toyota Agya versi 7-penumpang. Hal ini dikarenakan Calya menggunakan platform yang sama dengan Agya serta menggunakan penggerak roda depan. Meski demikian, namun pihak Toyota emoh jika pihaknya dianggap hanya sekedar asal ‘memanjangkan’ dimensi Agya, karena Toyota Calya mendapat ubahan pada sasis agar mampu mengakomodasi penumpang di baris ketiga.

Konsep UFC3 jika sudah jadi Daihatsu Sigra akan pakai emblem LCGC apa ya? (Foto: mobilmpvmurah)
Konsep UFC3 jika sudah jadi Daihatsu Sigra akan pakai emblem LCGC apa ya? (Foto: mobilmpvmurah)

Lalu bagaimana dengan Daihatsu Sigra? Mobil ini pun kemungkinan besar masih serupa dengan Toyota Calya, karena meminjam basis yang sama dengan Daihatsu Ayla. Namun untuk urusain desain, berdasarkan bocoran gambar bumper mobil ini yang telah beredar, dapat disimpulkan bahwa Daihatsu Sigra juga akan meminjam versi konsep Daihatsu UFC3.

Karena Berbasis Fungsionalitas, Maka Jangan Harapkan Ada Nilai Lebih

Berhubung kedua mobil ini berpredikat LCGC dan sering dikonotasikan sebagai mobil murah, maka tak heran jika baik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra lebih mengutamakan fungsionalitas ketimbang deretan fitur penunjang kenyamanan berkendara. Maksudnya, kedua mobil ini benar-benar akan memfungsikan diri sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) berharga murah yang dapat mengangkut 7 orang penumpang. Bukan tak mungkin jika kedua mobil ini akan jadi pengganti duo Avanza-Xenia yang kini harganya membuat kedua mobil kembar sejuta umat ini tak lagi ramah konsumen.

Apakah Calya dan Sigra bakal jadi pengganti Avanza dan Xenia soal predikat mobil sejuta umat? (Foto: Ototaiment)
Apakah Calya dan Sigra bakal jadi pengganti Avanza dan Xenia soal predikat mobil sejuta umat? (Foto: Ototaiment)

Selama ini, kebanyakan konsumen mobil di Indonesia masih mempunyai pola pikir yang seragam mengenai jenis mobil yang akan dibeli. Menurut mereka, sebuah mobil haruslah mampu mengakomodasi sebanyak mungkin penumpang (ini dikarenakan Indonesia mempunyai tradisi mudik yang hampir merata di seluruh wilayahnya). Selain itu, harga yang terjangkau dan mudahnya mendapatkan layanan purna jual menjadi faktor tambahan yang jadi perhatian. Inilah yang membuat pasar mobil LCGC kian menjanjikan dengan adanya MPV murah berkapasitas 7-penumpang.

Bedah Spesifikasi

Hingga saat ini masih belum ada bocoran rinci yang diungkapkan kedua pabrikan. Meski begitu, sejumlah prediksi dapat kita temukan, mulai dari adanya AC double blower, sabuk pengaman di setiap kursi, pengaturan kursi yang murni 7-penumpang (bukan 5+2 seperti Datsun GO+ Panca) dan rem parkir yang bentuknya akan mengingatkan Anda pada tuas transmisi otomatis di jaman dahulu.

Pengaturan kursinya bakal seperti GO+ Panca, yakni 5+2 (Foto: specmobilbaru)
Pengaturan kursinya diklaim tak seperti Datsun GO+ Panca yang berkonfigurasi 5+2 (Foto: specmobilbaru)

Selain itu, dua buah airbags akan hadir pada varian tertinggi. Sedangkan bagi varian model di bawahnya hanya mendapatkan satu buah airbags di bagian lingkar kemudi. Untuk menunjang rasa aman saat meninggalkan mobil, fitur kunci dengan immobilizer disebut telah menjadi standar di semua model.

Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)
Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)

Berdasarkan rumor yang santer beredar, Toyota Calya disebut bakal menggunakan mesin 3NR-FE yang sama seperti pada Etios Valco, namun dengan tambahan dual VVT-i. Untuk transmisinya, akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Bagaimana dengan Daihatsu Sigra? Meski masih belum jelas, namun diperkirakan Sigra juga tak akan jauh berbeda dari Calya untuk spesifikasi mesinnya.

Apakah Anda penasaran dengan mobil ini? Pantau terus bersama kami, dan jangan ragu untuk memberikan komentar di kolom yang tersedia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY