Meski Dilema, Audi Tetap Optimis Luncurkan All New A4 di Indonesia

Meski Dilema, Audi Tetap Optimis Luncurkan All New A4 di Indonesia

824
0
BERBAGI
All New Audi A4 hadir ditengah dilema Audi Indonesia yang tak lagi merakit mobilnya secara lokal (Foto: Indonesianautosblog)

Sebelum tahun 2014 lalu, Audi melalui PT Garuda Mataram Motor (GMM) masih melakukan produksi secara semi-knock down (SKD) untuk model A4 dan A6, dua model yang menjadi tulang punggung penjualan Audi di Indonesia. Namun akhirnya cara produksi SKD tersebut terpaksa dihentikan, salah satunya karena nilai tukar Rupiah yang terus melemah terhadap mata uang asing. Akibatnya, kini GMM mendatangkan mobil-mobil Audi secara utuh (CBU, Completely Built Up) yang membuat harga ritel Audi di Indonesia melambung, menyesuaikan beban pajak impor yang lebih tinggi.

Harga jual yang naik ini tentu berimbas pada buruknya angka penjualan Audi di Indonesia. Sebagai gambaran, mobil-mobil Audi yang semula diproduksi secara SKD seperti A4 dan A6, kini didatangkan secara CBU dan mengalami kenaikan harga 20 hingga 30 persen dari sebelumnya. Akibatnya, tahun ini penjualan Audi menurun hingga 50 persen. Di tengah dilema ini, GMM selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Indonesia mencoba bermain-main dengan peruntungannya di pasar dengan meluncurkan generasi terbaru dari Audi A4.

All New Audi A4 di Indonesia Hadir Dalam Dua Varian Model

Generasi terbaru Audi A4 telah mencuri perhatian sejak kemunculannya di Frankfurt Motor Show 2015 September silam. Mobil berkode sasis B9 ini menggantikan generasi sebelumnya yang telah berusia 7 tahun. Pada awalnya, All New A4 dijadwalkan muncul di Indonesia pada gelaran IIMS 2016, namun terpaksa dibatalkan karena terkendala pengiriman dari Jerman ke Indonesia dan sempat pula tertahan di bea dan cukai. Setidaknya, pada IIMS 2016 lalu, kita masih bisa menyaksikan kemunculan A6 Facelift.

Audi A4 terbaru sempat gagal diperkenalkan di IIMS 2016 bulan April lalu (Foto: Sindonews)

Setelah sebulan lebih menunggu, akhirnya All New Audi A4 masuk juga ke Indonesia, dan perdana diperkenalkan Rabu (1/6/2016) lalu di Jakarta. Mobil ini dibangun dengan platform MLB Evolution yang juga digunakan oleh Audi Q7 dan hadir dalam dua varian model, yakni 2.0 TFSI yang bertenaga 190 hp dan torsi 320 Nm, sedangkan varian 2.0 TFSI Quattro bertenaga 252 hp dan torsi 370 Nm. Perlu dicatat bahwa All New A4 mensyaratkan bahan bakar spesifikasi EURO IV atau RON 98. Harga kedua mobil ini berkisar mulai Rp 990 juta untuk tipe 2.0 TFSI dan Rp 1,2 miliar untuk tipe 2.0 TFSI Quattro. Kedua harga ini berstatus on the road Jakarta.

Bedah Spesifikasi All New A4

Melihat salah satu tipe A4 yang kebagian kata ‘Quattro’, dapat kita terka jika tipe tertinggi A4 di Indonesia ini berpenggerak semua roda (All Wheel Drive). Ini berarti semua varian Audi yang ditawarkan di dalam negeri telah dilengkapi dengan versi penggerak semua roda. Sementara untuk varian 2.0 TFSI mendapatkan penggerak roda depan. Lalu, bagaimana dengan spesifikasi lainnya?

All New Audi A4 ditawarkan dalam dua tipe (Foto: indonesiautosblog)
All New Audi A4 ditawarkan dalam dua tipe (Foto: indonesiautosblog)

All New A4 masih mempertahankan desain sporty yang menjadi ciri khasnya. Sementara itu, dimensi eksterior bertambah panjang 25 mm dan lebar bertambah 16 mm. Tidak ada peningkatan dimensi tinggi pada mobil ini. Secara detail, dimensi mobil ini menjadi panjang 4,726 m, lebar 1,842 m dan tinggi 1,427 m. Akibat penambahan dimensi ini, ruang interior jadi lebih panjang 17 mm, ruang kepala bertambah 24 mm, ruang bahu naik 11 mm dan ruang kaki lebih lega 23 mm.

Dimensi All New A4 meningkat dibanding sebelumnya (Foto: indonesiautosblog)
Dimensi All New A4 meningkat dibanding sebelumnya (Foto: indonesiautosblog)

Berbicara fitur, All New Audi A4 versi Indonesia dilengkapi dengan virtual cockpit yang berfungsi untuk menampilkan semua indikator dan pengaturan dalam bentuk digital di panel instrumen. Tersedia juga pengaturan AC tiga zona, speaker berjumlah 19 buah dengan output 755 watt dan sistem tiga dimensi, serta ambient light 30 warna.

Interior Audi A4 terbaru (Foto: Kompas)
Interior Audi A4 terbaru (Foto: Kompas)

Sebagai penunjang keselamatan, All-New A4 juga dilengkapi dengan pengereman anti-lock braking system(ABS) + electronic brake-force distribution (EBD), electronic differential lock (EDL), speed limiter, light and rain sensor, flat tire indicator, dan airbags untuk semua penumpang, termasuk di jendela.

Sudah Laku Terjual

Meskipun baru sehari diluncurkan dan dijual dengan harga yang fantastis, namun stok All New A4 yang ada di Indonesia telah habis terjual. Wow! Pihak GMM memang baru menyediakan sebanyak 8 unit mobil saja dengan pembagian empat model TFSI dan empat model TFSI Quattro. Kesemuanya ludes terjual.

Baru tersedia 8 unit. Dan semua telah laku terjual. (Foto: Angpao888)
Baru tersedia 8 unit. Dan semua telah laku terjual. (Foto: Angpao888)

Pihak GMM mengatakan bahwa unit selanjutnya baru akan tersedia lagi pada bulan Juli atau setelah Lebaran. All New Audi A4 kabarnya juga akan dipersiapkan untuk ikut serta pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada 11-21 Agustus mendatang bersama dengan Audi R8 terbaru.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY