Nissan Juke Akan Ganti Desain dan Memakai Platform Baru Hasil Kerjasama Renault-Nissan

Nissan Juke Akan Ganti Desain dan Memakai Platform Baru Hasil Kerjasama Renault-Nissan

1471
0
BERBAGI
Gambar render Juke terbaru (Foto: Omniauto)

Selama ini, desain Nissan Juke kerap menuai pro-kontra karena dianggap memiliki desain yang aneh. Meski begitu, Nissan cukup pede melepas varian Juke Revolt dengan tagline “Enemy of the Ordinary” beberapa tahun silam. Nissan seolah ingin mendobrak pakem desain yang terbilang aman melalui Nissan Juke. Penjualan Nissan Juke ternyata juga tak buruk.

Berhubung Juke terhitung masih banyak peminat, Nissan nampaknya akan segera menghadirkan generasi terbaru dari mobil ini. Bedanya, muncul rumor bahwa desain kontroversial Juke akan ditinggalkan dan mulai bergeser ke arah garis desain yang lebih tegas agar kesan crossover makin didapat. Benarkah demikian?

Akan Memakai Platform Baru CMF-B dan Mengadopsi Elemen dari Konsep Nissan Gripz

Generasi terbaru Juke ini disebut akan muncul sebelum tahun 2020. Uniknya, Nissan dikabarkan akan meminjam banyak elemen dari konsep Nissan Gripz yang pernah muncul di Frankfurt Motor Show di tahun 2015 silam serta memakai platform modular baru berkode CMF-B (Common Module Family – B, digunakan untuk mobil berukuran midsize seperti sedan, hatchback dan SUV). Ini sekaligus menjadikan generasi terbaru Nissan Juke sebagai mobil Nissan pertama yang menggunakan platform baru CMF-B hasil kerjasama aliansi Renault-Nissan.

Nissan Juke akan menggunakan platform Common Module Family (CMF) B hasil rancangan aliansi Renault-Nissan (foto: Nissan)
Nissan Juke akan menggunakan platform Common Module Family (CMF) B hasil rancangan aliansi Renault-Nissan (foto: Nissan)

Loh? Nissan Gripz? Kalau melihat desain mobil konsep ini, mau tak mau kita jadi akan teringat Toyota C-HR yang desainnya mirip-mirip. Apalagi Toyota C-HR telah diproduksi, ini berarti Nissan Juke sudah harus menanggalkan slogan “Enemy of the Ordinary” kebanggaannya dong?

Konsep Nissan Gripz mirip dengan Toyota C-HR. Apakah Juke terbaru akan memakai desain Gripz tersebut? (Foto: Ototaiment)

Mengenai hal ini, telah muncul gambar render perkiraan desain Juke terbaru yang ternyata tak seperti Nissan Gripz, meskipun memang tarikan garisnya dan beberapa elemen masih menyerupai. Jadi, para fanboy mobil ini tak perlu khawatir Juke akan terlihat mirip Toyota C-HR. Tapi….. kok jadi terlihat mirip Mazda CX-3 ya? Ah, entahlah. Bagaimanapun juga ini masih sebatas gambar render, belum bocoran resmi. Semoga saja wujud sesungguhnya nanti akan lebih memiliki jati diri.

Gambar render Juke terbaru kok jadi mirip Mazda CX-3? (Foto: Ototaiment)

Melalui gambar render ini pula dapat kita amati bahwa Juke terbaru terlihat lebih panjang dari yang telah beredar saat ini. Jika ini benar, harapan kami Nissan Juke akan lebih baik lagi mengakomodasi penumpang di 2nd row. Grille V-Motion khas Nissan juga terlihat jelas di depan, bersama dengan headlamp dan DRL di bagian bawah. Masih belum dapat diperkirakan lagi mengenai apa saja yang menjadikan Juke terbaru lebih baik, termasuk kemungkinan Juke mendapatkan mesin yang lebih efisien dari yang telah digunakan saat ini.

Jadi, Apakah Nissan Juke Memang Butuh Desain Baru?

Saat memperkenalkan konsep Nissan Gripz tahun lalu, Paul Willcox selaku Managing Director Nissan Motor Great Britain masih mengelak kemungkinan Juke akan memiliki tampilan baru. Willcox kala itu hanya mengatakan jika desain Juke saat ini masih cukup diminati para konsumen sehingga belum membutuhkan pembaharuan desain.

membantah jika Juke akan mendapatkan desain baru (Foto: Autoblog)
Paul Willcox tahun lalu membantah jika Juke akan mendapatkan desain baru. Bagaimana dengan tahun ini? (Foto: Autoblog)

Masih belum ada tanggapan dari pihak Nissan mengenai kemunculan gambar render terkini dari Nissan Juke. Satu hal yang pasti, Nissan Juke jelas masih akan berusia panjang, tak peduli sekontroversial apapun desainnya. Bagaimana menurut Anda? Apakah desain render Nissan Juke ini layak diterapkan pada Juke terbaru nantinya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY