6 Teknologi Pada Mobil Harian yang Terinspirasi dari Mobil Balap

6 Teknologi Pada Mobil Harian yang Terinspirasi dari Mobil Balap

1131
0
BERBAGI

Sebagai penggemar otomotif, Anda pasti pernah menonton tayangan balap Formula 1, Rally kelas dunia, atau balapan-balapan mobil lainnya seperti Nascar. Anda juga pasti pernah memperhatikan teknologi-teknologi yang diaplikasikan pada mobil balapnya. Misalnya, tombol-tombol yang ada di lingkar kemudi Formula 1, atau teknologi yang lainnya. Saat ini, banyak sekali teknologi pada mobil baru yang terinspirasi dari teknologi-teknologi tinggi yang ada pada mobil balap.

Paddy Lowe, Executive Director Mercedes F1 Team mengatakan bahwa memang ada pengaplikasian teknologi dari mobil balap ke mobil harian biasa, walaupun hal ini tidak semudah membalik telapak tangan. Memang ada riset-riset khusus yang dilakukan agar pengaplikasian ini bisa pas. Berikut ini ada rangkuman beberapa teknologi dari dunia balap yang bisa ditemukan di mobil umum harian. Mari kita simak bersama-sama!

1. Paddle Shift

Teknologi yang satu ini berasal dari dunia balap Formula 1. Tuas yang terletak tepat di belakang lingkar kemudi ini memang diadopsi langsung dari ruang kabin Formula 1. Alasan insinyur Formula 1 menggunakan fitur ini di jet darat tersebut tentu lebih fungsional, agar pebalap mudah memindahkan posisi gigi tanpa perlu melakukan banyak gerakan. Selain itu, dengan paddle shift juga memungkinkan mereka untuk memaksimalisasi kokpitnya.

lihat semacam tonjolan warna silver dengan tanda (+), itulah paddle shift (foto : shifting-gears.com)
lihat semacam tonjolan warna silver dengan tanda (+)? itulah paddle shift (foto : shifting-gears.com)

Sedangkan pada mobil-mobil biasa seperti Honda Jazz, Mazda2 GT atau Mitsubishi All New Pajero Sport, fitur ini seringkali dianggap lebih berfungsi sebagai pemanis atau sekedar ‘gaya-gayaan’ saja. Hal ini dikarenakan banyak pengguna mobil harian yang tidak terlalu paham ataupun familiar dengan cara menggunakan paddle shift yang berfungsi untuk menghadirkan sensasi berkendara seperti transmisi manual.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY