Mesin EcoBoost dari Ford Raih Gelar Mesin Kecil Terbaik Kelimanya di International...

Mesin EcoBoost dari Ford Raih Gelar Mesin Kecil Terbaik Kelimanya di International Engine of the Year Awards 2016

757
0
BERBAGI
(Foto : Speednik)

Sebagai salah satu pabrikan otomotif berusia ‘matang’ (bulan ini Ford resmi berusia 113 tahun), Ford Motor Company dikenal telah menghasilkan banyak terobosan brilian di dunia otomotif. Salah satu terobosan itu adalah mesin spektakuler EcoBoost yang telah diproduksi Ford sejak tahun 2009 bekerjasama dengan FEV Engineering.

Keistimewaan mesin ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan tenaga sama dengan mesin standar yang kapasitas silindernya lebih besar, namun dapat memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik 20% dan emisi gas rumah kaca lebih sedikit 15%. Mesin EcoBoost dikembangkan sebagai alternatif gabungan dari kendaraan hybrid dan teknologi mesin diesel yang efisiensi bahan bakarnya baik dan tenaga tinggi. Saking istimewanya, mesin ini kembali meraih predikat sebagai mesin kecil terbaik dari gelaran International Engine of the Year Awards 2016.

Penghargaan Untuk yang Kelima Kalinya

Sebagai informasi, ini memang bukan kali pertama mesin Ford EcoBoost meraih penghargaan bergengsi tersebut. Ini adalah kali kelimanya! Dan jika Anda bertanya-tanya mengenai definisi sebagai “Mesin Kecil Terbaik”, maka ini artinya EcoBoost menyabet penghargaan tersebut untuk kategori mesin berkapasitas 1.000 cc atau di bawahnya.

Tahun 2016 menjadi tahun kelima EcoBoost menyabet penghargaan mesin terbaik (Foto: easterncapemotors)
Tahun 2016 menjadi tahun kelima EcoBoost menyabet penghargaan mesin terbaik (Foto: easterncapemotors)

Mesin ini kembali sukses membuat juri-juri di ajang International Engine of the Year Awards 2016 terkesima karena daya tahannya yang baik dan hemat bahan bakar. Mengutip ucapan Dean Slavnich, co-chairman pada penghargaan International Engine of the Year 2016, “Mesin ini menang penghargaan International Engine Of The Year sebelumnya 3 kali berturut-turut, dan sampai sekarang pun masih mendapat kekaguman serta dukungan dari juri. Sangat menunjukkan betapa spesial mesin Ford Ecoboost.”

Ford Fiesta menjadi salah satu model Ford yang menggunakan mesin EcoBoost 1.0 L (Foto: Carexpo)
Ford Fiesta menjadi salah satu model Ford yang menggunakan mesin EcoBoost 1.0 L (Foto: Carexpo)

Kemenangan mesin EcoBoost ini sekaligus menyisihkan 32 mesin lain yang memperebutkan gelar serupa. Tidak sedikit pabrikan yang mencoba untuk menerapkan resep EcoBoost pada mesin racikannya. Namun apa daya, EcoBoost masih menjadi mesin yang spektakuler hingga saat ini.

Dipilih Oleh Juri dari 30 Negara

Ajang International Engine of the Year Awards 2016 ini bukanlah sembarang ajang karena melibatkan 62 juri dari 30 negara. Tugas keenampuluhdua juri ini tidaklah mudah, karena masing-masing juri mendapat tugas untuk membandingkan antara satu mesin dengan mesin lainnya untuk memperoleh pemenang dari setiap kategori. Kriteria penilaian juri meliputi kinerja, efisiensi bahan bakar dan tingkat kebisingan mesin. Setiap mesin akan mendapat penilaian dengan ketentuan maksimal 15 poin dan terendah 1 poin.

62 juri dari 30 negara bersepakat untuk memilih EcoBoost sebagai salah satu mesin terbaik yang pernah diciptakan (Foto: Univision)
62 juri dari 30 negara bersepakat untuk memilih EcoBoost sebagai salah satu mesin terbaik yang pernah diciptakan (Foto: Univision)

Tak hanya mesin berkubikasi kecil saja yang dinilai, namun juga pada mesin berkubikasi besar. Untuk tahun ini, penghargaan mesin besar terbaik diraih oleh Ferrari dengan mesin 3.9 L twin-turbo V8 milik Ferrari 488 GTB yang berasal dari keluarga mesin F154, dan berkeluarga dengan mesin V8 3.855 cc yang dipasangkan pada California T.

Mesin Ferrari 3.9L V8 Biturbo (sumber : motorauthority.com)
Mesin Ferrari 3.9L V8 twin turbo menang di kategori mesin besar (sumber : motorauthority.com)

Indonesia memang sempat merasakan kehadiran mesin Ford EcoBoost ini. Sayangnya, keputusan Ford Motor Indonesia untuk hengkang dari negeri ini membuat konsumen Ford harus berandai-andai untuk merasakan lagi keajaiban mesin ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY