Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Kendaraannya

Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Kendaraannya

829
0
BERBAGI
Mitsubishi serius garap pasar Asia Tenggara (Foto: foxnews)

Beberapa hari yang lalu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia mengumumkan program Field Fix Campaign (kampanye perbaikan) untuk sejumlah model kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan yang dipasarkan di Indonesia. Melalui program ini, KTB menarik (recall) 124.435 unit kendaraannya.

Menurut pernyataan tertulis dari KTB, “Mengacu pada instruksi Principal kami di Jepang, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Authorized Distributor dari kendaraan Mitsubishi di Indonesia dengan ini mengumumkan program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan) untuk beberapa produk kendaraan penumpang (Passenger Car) dan kendaraan niaga ringan (Light Commercial Vehicle) dalam rangka menjaga kualitas produk.”

Empat Jenis Perbaikan

Dalam rilisnya, disebutkan ada empat jenis perbaikan yang akan dilakukan pada ratusan ribu mobil ini. Keempatnya adalah penggantian airbag inflator, aplikasi grease combination switch, ETACS ECU, dan fuel tank. Penggantian airbag inflator disebabkan karena adanya potensi terlepasnya partikel yang dapat menyebabkan cedera pada momen kecelakaan, sementara switch yang rusak dapat membuat lampu eksternal tidak berfungsi. Kemudian, penggantian ETACS ECU diharuskan karena komponen ini berpotensi rusak sehingga membuat headlamp dan wiper tidak berfungsi. Terakhir, penggantian fuel tank disebabkan karena potensi pengelasan kurang sempurna, yang akan berakibat pada kebocoran bahan bakar.

Pajero Sport 2014 termasuk salah satu model yang kena recall (foto : zastavki.com)
Pajero Sport 2014 termasuk salah satu model yang kena recall (foto : zastavki.com)

Walau sejauh ini memang belum ada laporan insiden yang terkait dengan masalah di atas, namun untuk berjaga-jaga maka KTB akan segera memerintahkan pemilik unit untuk memeriksakan kendaraannya ke dealer terdekat.

Jenis-jenis Unit Yang terkena Recall

Lalu, unit apa saja yang terkena recall? Pertama, penggantian Airbag Inflator untuk Mitsubishi Strada Triton Exceed & GLS AB  (2006–2014) dan Lancer GLX & SEI (2007–2010). Kedua, pengaplikasian Grease Combination Switch untuk Mitsubishi Pajero Super Exceed 3.8 (2008‐2013), Pajero Sport (2009‐2014), Delica (2014), Lancer EX & Lancer Evolution (2009‐2010), dan Strada Triton (2006‐2014). Ketiga, penggantian ETACS ECU untuk Mitsubishi Lancer EX & Lancer Evolution (2009‐2010). Terakhir, penggantian Fuel Tank untuk L300 (2014).

daftar resmi merk mitsubishi yang kena recall (sumber : liputan 6)
daftar resmi merk mitsubishi yang kena recall (sumber : liputan 6)

Konsumen yang unitnya terkena recall atau kampanye perbaikan akan menerima undangan resmi. Konsumen tinggal pergi ke dealer terdekat dan pihak Mitsubishi tidak membebankan biaya apapun alias gratis mulai tanggal 6 Juni 2016. “Untuk keterangan beserta informasi detail lebih lanjut terkait dengan kampanye ini, konsumen dapat menghubungi dealer resmi Mitsubishi terdekat sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan pengaturan waktu pemeriksaan,” tulis KTB mengakhiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY