Pajero Sport dan Fortuner Bakal Punya Saingan Baru di Tahun 2017: FIAT...

Pajero Sport dan Fortuner Bakal Punya Saingan Baru di Tahun 2017: FIAT SUV

1918
0
BERBAGI
Salah satu model SUV Fiat. (sumber : autossedredos.com)

Selama ini, image merek Fiat yang tertanam di benak kita adalah merek yang identik dengan mobil-mobil berukuran kecil seperti: Fiat 124S, Fiat 125, Fiat Topolino, Fiat 850, dan lain sebagainya yang kesemuanya mungil. Meski demikian, Fiat merupakan mobil yang lumayan menjadi favorit di Indonesia pada Tahun 70-an. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya Fiat yang bersliweran di jalanan Indonesia waktu itu.

Seiring waktu berjalan, tampaknya popularitas Fiat di Indonesia semakin menurun hingga akhirnya hampir tidak terdengar sama sekali mobil Fiat di negeri ini. Produsen mobil asal Italia ini masih ada kok! Tetapi memang kebetulan produk-produk terbarunya jarang kita temukan di jalanan, misalnya Fiat 500 yang tetap mungil, atau model yang gagah seperti PickUp Double Cabin Fiat Toro. Wah, Ternyata Fiat juga punya mobil besar! Nah, gosipnya saat ini Fiat sedang dalam proses mengembangkan kendaraan berjenis SUV. Apa mungkin produk Fiat nanti bisa bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner?

Mengambil Basis Fiat Toro

Desain kendaraan SUV memang sepertinya sedang diminati oleh pecinta otomotif roda empat. Seperti beberapa pabrikan lainnya yang juga membangun SUV dengan basis kendaraan PickUp, Fiat sepertinya juga sedang melakukan itu. Menurut beberapa kabar yang beredar, produk ini disinyalir akan hadir pada tahun 2017.

Fiat Toro yang menjadi basis desain Fiat SUV (foto : indianautosblog.com)
Fiat Toro yang menjadi basis desain Fiat SUV (foto : indianautosblog.com)

Produk terbaru Fiat ini dikabarkan akan keluar dalam dua varian, yakni berkapasitas 5 penumpang dan 7 penumpang. Dilihat dari gambar yang banyak beredar, desain SUV yang sedang dikembangkan oleh Fiat ini terlihat masih mengikuti bentuk dasar Fiat Toro karena desain dari ujung depan sampai pilar B mirip dengan versi PickUp-nya. Sementara interior SUV itu diperkirakan lebih nyaman dibanding versi PickUp.

Mesin yang Serupa dengan Versi Pick Up

Informasi tentang produk ini muncul sedikit demi sedikit. Selain tentang desainnya, informasi yang beredar juga menyebutkan bahwa mesin yang akan digunakan pun masih sama dengan yang digunakan pada Fiat Toro PickUp. Mesin 1800 cc E.torQ flex fuel dan 2.0 L multijet diesel dikabarkan akan mengisi sektor dapur pacu Fiat SUV ini.

Mesin 1800cc E.torQ flex fuel (foto : motorchase.com)
Mesin 1800cc E.torQ flex fuel (foto : motorchase.com)

Produk terdahulu dari mesin ini bisa memproduksi tenaga hingga 138 hp dengan girboks otomatis 6 percepatan, sedangkan produk terbarunya bisa mengeluarkan hingga 170 hp dengan girboks 6 percepatan manual, atau girboks otomatis 9 percepatan. Pada mesin diesel, Fiat akan memberi pilihan konfigurasi penggerak 4×2 atau 4×4 yang dilengkapi dengan gearbox ZF 9-speed AT, sedangkan untuk mesin flex fuel hanya akan tersedia versi 4×2 dengan Aisin Automatic Gearbox 6 percepatan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY