Update Terbaru Daihatsu Sigra: Punya 4 Tipe, 2 Pilihan Mesin dan Prediksi...

Update Terbaru Daihatsu Sigra: Punya 4 Tipe, 2 Pilihan Mesin dan Prediksi Harga

2483
0
BERBAGI
Konsep UFC3 jika sudah jadi Daihatsu Sigra akan pakai emblem LCGC apa ya? (Foto: mobilmpvmurah)

Setelah sebelumnya berita kemunculan mobil MPV LCGC 7 penumpang didominasi oleh Toyota Calya, maka kali ini giliran Daihatsu Sigra yang mengambil tempat. Mobil yang disebut-sebut sebagai versi 7 penumpang dari Daihatsu Ayla ini telah tercatat di situs Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) DKI Jakarta.

Melalui situs resmi dinas terkait, dapat kita temukan beberapa hal menarik dari mobil ini. Mulai dari Nilai Jual Kendaraan Bermotornya (NJKB), pilihan mesin dan tipe yang ditawarkan. Penasaran? Yuk langsung baca tuntas artikel ini!

Prediksi Harga dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor

Sebelum NJKB mobil ini dirilis pada laman Samsat DKI Jakarta, sempat tersiar kabar bahwa Daihatsu Sigra akan dihargai kurang dari Rp 100 juta. Jika ini benar, maka kemunculannya tentu saja dapat mengancam kelangsungan hidup Datsun GO+ Panca yang sudah lebih dahulu menguasai pasar di segmen MPV LCGC 7 penumpang. Sebagai gambaran, GO+ Panca tipe terendah dikenai harga sebesar Rp 94,6 juta. Masuknya Daihatsu Sigra di angka yang kemungkinan mirip tentu membuat persaingan jadi lebih kompetitif bukan?

Datsun GO+ Panca, pemegang tampuk kekuasaan di segmen LCGC 7-penumpang saat ini (Foto: Nissan Indonesia)
Datsun GO+ Panca, pemegang tampuk kekuasaan di segmen LCGC 7-penumpang saat ini (Foto: Nissan Indonesia)

Dari data yang ditampilkan Samsat DKI Jakarta, tampak bahwa tipe terendah dari Daihatsu Sigra berada pada harga Rp 79 juta. Wuih, murah sekali ya? Tunggu dulu. Itu kan baru NJKB-nya saja. Perlu diingat bahwa masih ada sejumlah biaya yang perlu ditambahkan seperti biaya pendaftaran kendaraan, balik nama dari perusahaan ke konsumen, biaya penerbitan surat tanda nomor kendaraan (STNK) beserta plat nomor dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ). Ini berarti harga jual mobil bakal lebih mahal sekitar 20 sampai 40 persen.

Menurut salah satu sumber, kode B400RS-GMLEJ dan B401RS-GMQFJ merupakan kode Daihatsu Sigra (Foto: Samsat DKI)
Menurut salah satu sumber, kode B400RS-GMLEJ dan B401RS-GMQFJ merupakan kode Daihatsu Sigra (Foto: Samsat DKI)

Coba kita hitung sendiri yuk. Merujuk pada pedoman penghitungan nilai On The Road kendaraan bermotor dari laman Pajak.com, penghitungan tersebut didasarkan pada rumus: OTR = NJKB  + (21,5 persen x NJKB). Angka 21,5 persen pada rumus tersebut didapad dari PKB 1,5 persen NJKB + BBNKB 10 persen NJKB + Biaya APM 10 persen NJKB.

Jangan lupa, masih ada tambahan lain yang membuat harga mobil ini tak sama dengan NJKB-nya (Foto: shop and drive)
Jangan lupa, masih ada tambahan lain yang membuat harga mobil ini tak sama dengan NJKB-nya (Foto: shop and drive)

Mengambil contoh tipe terendah Sigra yang NJKB-nya berada pada angka Rp 79 juta, maka dengan rumus OTR diatas dapat ditemukan angka senilai Rp 95.985.000. Untuk mudahnya, kita anggap saja Rp 96 juta. Apakah ini harga final untuk tipe terendah dari Daihatsu Sigra? Belum tentu. Jangan lupa bahwa Astra Daihatsu Motor sebagai Agen Pemegang Merek pasti masih akan menambahkan biaya lain-lain, termasuk biaya untuk keperluan promosi. Setidaknya, Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai prediksi harga Daihatsu Sigra bukan?

Tersedia Dalam 4 Tipe dan 2 Pilihan Mesin

Masih melalui situs Samsat Provinsi DKI Jakarta, selain menampilkan NJKB, Anda juga dapat mengamati bahwa terdapat pula informasi mengenai jumlah tipe mobil ini yang dibagi menjadi empat, yakni tipe D, M, X, dan R.

Daihatsu Sigra diperkirakan mengadopsi sebagian desain dari UFC3 Concept (Foto: mesinbalap)
Daihatsu Sigra diperkirakan mengadopsi sebagian desain dari UFC3 Concept dan ditawarkan dalam 4 tipe serta 2 pilihan mesin (Foto: mesinbalap)

Menariknya lagi, untuk tipe D dan M hanya tersedia pilihan mesin 1.000 cc dengan transmisi manual. Diperkirakan mesin ini merupakan mesin berkode 1KR-FE yang juga digunakan oleh Daihatsu Ayla. Sedangkan pada tipe X dan R, mesin yang digunakan berkapasitas lebih besar, yakni 1.200 cc dengan perkiraan memakai mesin 3NR-FE Dual VVT-i transmisi otomatis maupun manual.

Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)
Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Toyota Calya. Apakah digunakan juga oleh Daihatsu Sigra? (Foto: Kaskus)

Perlahan tapi pasti, spesifikasi Daihatsu Sigra mulai terkuak. Untuk mendapatkan informasi lebih detail, kita nantikan terus perkembangannya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY