Volkswagen Tengah Persiapkan Mobil Listrik Calon Penantang BMW i3

Volkswagen Tengah Persiapkan Mobil Listrik Calon Penantang BMW i3

519
0
BERBAGI
Konsep VW Budd-e yang telah diperkenalkan beberapa waktu lalu (Foto: motorbit)

Sebagai salah satu perusahaan otomotif raksasa, Volkswagen (VW) tak ingin berlama-lama larut dalam skandal yang telah menimpanya pada tahun 2015 lalu. Terbongkarnya kecurangan VW pada pengujian emisi untuk mobil berbahan bakar dieselnya (dikenal juga sebagai kasus dieselgate) sempat membuat perusahaan asal Jerman itu babak belur, baik dari segi keuangan maupun krisis kepercayaan konsumen.

VW bergerak cepat untuk meraih kembali kepercayaan pasar yang sempat menurun akibat skandal tersebut dengan berencana untuk membuat lebih banyak lagi kendaraan ramah lingkungan. Setidaknya ada 20 model mobil hybrid atau listrik untuk masa mendatang yang tengah digagas VW. Niatan tersebut bukan isapan jempol semata, karena kabar terbaru menyebutkan bahwa VW tengah mempersiapkan sebuah kendaraan listrik yang akan menjadi penantang terbaru bagi BMW i3.

VW NUVe Akan Perdana Muncul di Paris Motor Show 2016

Kendaraan listrik yang dimaksud adalah mobil jenis perkotaan yang kabarnya bakal dinamai NUVe. Meski sudah ada bocoran nama, namun pihak VW masih menutup rapat informasi terkait spesifikasi mobil ini, termasuk besaran tenaga yang mampu dihasilkan oleh motor listriknya.

Platform MEB khusus kendaraan listrik VW (Foto: insideevs)
Platform MEB khusus kendaraan listrik VW (Foto: insideevs)

VW mengembangkan NUVe dengan memakai platform mobil listrik terbaru VW yang menggunakan sasis modular elektrifikasi kit (MEB). Platform MEB tersebut memiliki keunggulan yang memungkinkan kabin mobil memiliki ruang lantai rata serta fungsional untuk ruang penyimpanan baterai.

Benarkah mobil listrik terbaru VW ini akan lebih hebar dari BMW i3? (Foto: cleantechnica)
Benarkah mobil listrik terbaru VW ini akan lebih hebar dari BMW i3? (Foto: cleantechnica)

Melalui mobil ini pula VW berani sesumbar bahwa NUVe akan lebih prima daripada BMW i3 dalam hal tenaga serta daya tempuh yang dapat dicapai. VW berencana untuk memperkenalkan NUVe pada ajang Paris Motor Show bulan Oktober mendatang dan nantinya akan mulai dijual pada tahun 2019 dengan harga USD 40 ribu atau sekitar Rp 533 juta.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY