Tips Praktis Mengemudi Saat Berpuasa Agar Tetap Aman

792
0
BERBAGI

Tak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan ramadhan, dan umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa bukan menjadi halangan bagi anda untuk tetap beraktifitas, termasuk mengemudi. Berikut ini telah kami rangkum 5 tips mengemudi di bulan puasa yang bisa anda praktekkan.

1. Makan Sahur Secukupnya

Saat makan sahur, makanlah makanan secukupnya, tidak perlu berlebihan tetapi juga jangan kekurangan. Jika memang diperlukan, tambahkanlah multivitamin untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh anda. Jangan lupa untuk memastikan waktu tidur yang cukup, delapan jam dalam satu hari dan kurangi aktivitas tidak perlu yang bisa menguras tenaga. Hal ini bisa membantu anda untuk tetap fokus dalam mengemudi.

2. Atur Ulang Rute Anda

Atur jadwal dan rute perjalanan anda untuk menghemat jarak, waktu dan tenaga. Pengaturan rute juga bisa menghindarkan anda dari kemacetan yang berpotensi bisa menyulut emosi anda. Terhindar dari kemacetan dan bisa melewati rute yang tepat tentu saja akan menghemat waktu anda sehingga anda terhindar dari kecapekan di jalan. Tetapi yang jauh lebih penting adalah anda harus tetap mengemudi kendaraan dengan kecepatan yang aman sesuai pentunjuk kecepatan yang dianjurkan.

3. Jangan Memaksakan Diri

Anda harus sadar dengan batas kemapuan diri anda sendiri. Apabila anda merasakan sangat mengantuk atau lelah saat mengemudi, carilah tempat yang aman untuk berhenti lalu beristirahatlah dulu. Lakukan sedikit gerakan senam peregangan otot untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh dan hiruplah oksigen yang banyak. Apabila sudah merasa lebih mendingan, baru lanjutkan perjalanan.

4. Aktif Saat Menyetir

Jika anda tidak sendiri saat mengemudi, lakukanlah commentary driving atau mengobrol dengan teman anda selama perjalanan. Melakukan tindakan proaktif dalam mengemudi juga bisa mengusir rasa kantuk, contohnya : mendengarkan musik di radio atau music player di dalam mobil. Tapi ingat, kewaspadaan tetap menjadi hal nomor satu yang harus anda utamakan.

5. Jaga Emosi

Bila anda menemui pengemudi atau pengguna jalan lain yang tiba-tiba menyerobot anda, mendahului atau dengan seenaknya memutar atau berbelok, tak usah emosi. Anggap saja mereka adalah orang yang tak mengerti etika dan sopan santun maupun peraturan lalu lintas. Sebaiknya anda jangan terpancing emosi, sayang lho puasanya nanti batal. Menjaga emosi juga membuat anda tetap memiliki kontol yang baik saat mengemudi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY