Ford Mustang Resmi Jadi Mobil Polisi di Inggris

Ford Mustang Resmi Jadi Mobil Polisi di Inggris

709
0
BERBAGI
(foto : motoringresearch.com)

Kepolisian di wilayah hukum Inggris akan menambahkan amunisi patroli kepolisian sehari-hari dengan kendaraan baru. Pilihan akhirnya dijatuhkan pada muscle car buatan amerika, Ford Mustang. Mobil bertenaga besar ini akan dijadikan kendaraan dinas sehari-hari dan diharapkan bisa lebih efektif untuk melakukan penegakan hukum serta ketertiban dalam berkendara.

Ford Mustang tersebut hadir pertama kali di Inggris di penghujung 2015 dan mendapat sambutan hangat. Hingga saat ini Mustang telah terjual sebanyak 3.500 unit dimana 1.000 unit pertama telah dikirim pada Maret lalu. Baik versi setir kanan untuk Inggris atau setir kiri, diproduksi pada manufaktur Ford di Michigan. Pabrik ini juga memenuhi kebutuhan Mustang ke 140 negara.

Mesin Monster

Ford Mustang yang dijadikan kendaraan patroli polisi Inggris mengusung mesin V8 5.000 cc dikawinkan dengan transmisi otomatis bertenaga maksimal 410 hp. Kemampuan akselerasi mobil berpenggerak roda belakang ini dari 0-100 km/jam diraih dalam waktu 4,8 detik. Tidak heran jika pada akhirnya pihak kepolisian memilih mobil ini untuk digunakan sebagai mobil dinas atau mobil patroli. Hal ini tentunya untuk mengimbangi para pelanggar hukum yang kerap juga memakai kendaraan dengan tenaga besar.

desain mobil polisi inggris dengan basic ford mustang (foto : motoringresearch.com)
desain mobil polisi inggris dengan basic ford mustang (foto : motoringresearch.com)

“Kami percaya Mustang bisa menjadi mobil patroli yang sangat baik dan bisa meningkatkan keselamatan berkendara di jalanan Inggris. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut pada musim panas ini,” kata juru bicara Kepolisian Inggris. Ford Mustang ini didandani dengan corak battenburg sebagaimana mobil patroli di Inggris pada umumnya. Mustang selama ini telah dikenal ketangguhannya sebagai mobil patroli termasuk yang digunakan oleh Kepolisian Amerika Serikat.

Mustang Polisi di Amerika Bertenaga Lebih Besar

Berbeda dengan Ford Mustang yang menjadi besutan polisi Inggris, Ford Mustang yang digunakan oleh polisi di Amerika mempunyai tenaga yang lebih besar. Kok bisa? Pihak kepolisian Amerika Serikat sengaja menggandeng rumah modifikasi Steeda Autosport untuk mengoprek mobil patroli yang berbasis Mustang ini supaya bisa lebih kencang. Akhir tahun 2015 kemarin, Steeda Autosport merilis prototype mobil polisi ini.

ford mustang yang dibangun oleh Steeda autosport sanggup memuntahkan 888 hp (foto : automobilemag.com)
ford mustang yang dibangun oleh Steeda autosport sanggup memuntahkan 777 hp (foto : automobilemag.com)

Ubahan yang dilakukan Steeda mencakup peningkatan torsi dan power untuk mendongkrak akselerasi dan kecepatan maksimum melalui mesin standar V8 5.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga 410 hp dan torsi 644 Nm. Mobil tersebut siap didukung sistem supercharger 2,9 liter Whipple yang mampu mendongkrak tenaga Mustang jadi 777 hp dengan torsi 888 Nm. Kemampuan rem turut ditingkatkan menggunakan bahan ceramic pada keempat roda. Dua mobil berbasis Ford Mustang ini dibangun dari platform khusus Q500 dan Q750 yang telah didukung juga oleh suspensi untuk menahan bobot maksimum.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY