Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang Akan Gunakan Mesin Milik Splash

Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang Akan Gunakan Mesin Milik Splash

1775
0
BERBAGI
Prototipe Karimun Wagon R 7-Penumpang pernah muncul di IIMS 2013 (Foto: Youtube)

Setelah ramai berita kemunculan calon MPV LCGC 7 penumpang milik Toyota dan Daihatsu, yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, beberapa pabrikan lain diperkirakan juga akan bersiap melepas mobil untuk segmen serupa, termasuk Suzuki yang telah lama dirumorkan bakal melepas Karimun Wagon R versi 7 penumpang.

Mobil tersebut sebenarnya telah muncul pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 2014 silam dalam wujud prototipe. Meski demikian, kelanjutan mengenai perkembangan Wagon R 7 penumpang itu masih menjadi berita yang simpang-siur. Kabar terakhir yang kami terima menyatakan bahwa mobil tersebut tengah dipersiapkan untuk muncul di tahun 2017.

Akan Dikembangkan Oleh Maruti Suzuki India?

Meskipun dikabarkan bakal muncul tahun depan, namun yang mengejutkan adalah rumor bahwa Karimun Wagon R 7 penumpang ini akan digarap oleh Maruti Suzuki India. Wah, padahal persaingan MPV murah berkapasitas 7 penumpang tengah hangat di Indonesia. Kenapa justru India yang ambil alih?

(Foto: indianautosblog)
Apakah mobil ini akan diproduksi di India atau Indonesia? (Foto: indianautosblog)

Tenang dulu, bagaimanapun juga pasar mobil di segmen tersebut cukup besar peminatnya di Indonesia, jadi walapun misal betul akan digarap India, rasa-rasanya tak menutup kemungkinan akan hadir juga di Indonesia. Apalagi kondisi pasar di kedua negara ini bisa dibilang mirip-mirip

Tak Lagi Menggunakan Mesin 1.0 L K10B

Merujuk berita yang pernah kami ulas pada bulan Januari silam, prototipe Wagon R 7 penumpang telah mulai diuji jalan di India dan akan dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc. Hal ini terungkap melalui dokumen impor untuk prototipe calon Wagon R terbaru ini yang akan ditawarkan di India dalam opsi mesin bensin 1.197 cc (K-Series) dan mesin diesel 1.248 cc (DDiS).

Selamat tinggal mesin K10B (Foto: Suzuki)
Selamat tinggal mesin K10B (Foto: Suzuki)

Jika diterapkan pada Wagon R versi Indonesia, pilihan mesin 1.200 cc tersebut masih masuk akal, walaupun kami rasa tidak akan tersedia dalam varian diesel. Selain itu, karena tak lagi menggunakan mesin 1.000 cc berkode K10B, besar kemungkinan mesin 1.200 cc yang digunakan akan diambil dari mesin K12M VVT milik Suzuki Splash.

Bagaimana menurut Anda? Semakin bingung untuk menentukan mobil MPV LCGC 7 penumpang apa yang akan dibeli? Sampaikan pendapat Anda pada kolom yang tersedia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY