Ertiga Proton Resmi Beredar Akhir Tahun ini di Malaysia

Ertiga Proton Resmi Beredar Akhir Tahun ini di Malaysia

971
0
BERBAGI
(sumber : paultan.org)

Rumor akan diekspornya Suzuki Ertiga dari Indonesia ke Malaysia dan akan dilabeli dengan Proton untuk dijual di pasaran Malaysia ternyata benar. Berita ini mulai santer beredar setelah beberapa waktu lalu model Suzuki Ertiga yang berlabel Proton beberapa kali sempat tertangkap kamera saat sedang diuji jalan di Malaysia.

Datuk Ahmad Fuaad Kenali sebagai CEO Proton memang belum menyatakan nama modelnya, hanya menyebutkan bahwa mobil ini adalah jenis MPV dengan basis Suzuki Ertiga yang diproduksi di Indonesia. Seperti produk rebadged lainnya, wujud kendaraan Multi Purpose Vehicle Proton itu dibuat mirip dengan Ertiga, namun ada beberapa bagian yang berbeda, seperti emblem dan tampilan interior.

Akan dirilis Bulan Oktober 2016

Pihak Proton sudah memberikan konfirmasi kepada beberapa media lokal di Malaysia bahwa mobil ini akan meluncur pada bulan Oktober 2016. Mobil ini rencananya akan diekspor dari Indonesia dalam bentuk Completely Knock Down (CKD), dan akan dirakit oleh pabrik Proton di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Nantinya Ertiga akan dilabeli dengan logo Proton dan mungkin ada sedikit perubahan di eksteriornya berupa tambahan aksesoris.

hasil spyshoot Proton Ertiga saat diuji jalan di Malaysia (foto : paultan.org)
hasil spyshoot Proton Ertiga saat diuji jalan di Malaysia (foto : paultan.org)

Paket CKD ini sudah disiapkan oleh pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat sejak bulan Mei 2016. Pihak Suzuki Indonesia menargetkan untuk mengekspor Ertiga sebanyak 1.500 unit perbulan, atau sebanyak 18.000 unit dalam satu tahun. Sebelumnya, Suzuki Indonesia sudah melakukan ekspor Ertiga ini ke beberapa negara di Asia seperti Filipina, Thailand, Vietnam, dan Brunei dalam kondisi Completely Built Up (CBU). Ekspor ke Malaysia ini menaikkan nilai ekspor Suzuki Indonesia secara drastis. Wakil Direktur Pelaksana Suzuki Indonesia Davy Jeffry Tuilan mengatakan, “Sekarang, nilai ekspor Suzuki ke berbagai negara mencapai Rp 2 triliun. Di tambah Ertiga ke Malaysia, nilainya naik Rp 2 triliun lagi, jadi dua kali lipat.”

Dealer Suzuki Jadi Proton

Kolaborasi Proton dan Suzuki ini bukan hanya sekedar model mobil, tetapi sampai kepada hal-hal kecil. Kerjasama ini tentu saja akan memberikan keuntungan pada Proton, seperti tambahan dealer, vendor, tenaga kerja ahli, berbagi platform, dan teknologi. Menurut informasi yang beredar, ini adalah proyek kerjasama Proton dan Suzuki yang menyebabkan Suzuki Malaysia ditutup lalu seluruh dealer dan bengkel Suzuki menjadi milik Proton.

hasil render Proton Ertiga Dreza (foto : paultan.org)
hasil render Proton Ertiga Dreza (foto : paultan.org)

Suzuki akan menyediakan panduan teknik secara spesifik untuk produk kolaborasi, sekaligus mengambil keuntungan dari jaringan distribusi dan bengkel resmi proton untuk mobil “rebranding“. Bahkan, ke depan bakal lebih dari satu model kolaborasi yang dipasarkan. Selain hal-hal di atas, satu hal lagi yang bisa dipastikan bahwa produk ini disiapkan untuk pasaran Malaysia, dan tidak akan diekspor lagi dari Malaysia ke Indonesia. Mengingat Ertiga juga pernah di-rebadge oleh Mazda melalui VX-1, mungkin suatu saat nanti Ertiga bisa dinobatkan menjadi mobil “spesialis rebadge” nih!  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY