Tak Tertarik Buat Mobil Murah, Isuzu Indonesia Masih Fokus ‘Mainan’ Mobil Diesel

Tak Tertarik Buat Mobil Murah, Isuzu Indonesia Masih Fokus ‘Mainan’ Mobil Diesel

992
0
BERBAGI
tampang Isuzu MU-X 2015 (foto : topspeed.com)

Pasar mobil murah ataupun mobil jenis LGCG (Low Cost Green Car) di Indonesia saat ini sebenarnya menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi para Agen Pemegang Merek (APM), apalagi jika melihat pasar di Indonesia yang masih terbuka sangat lebar. Tetapi, ternyata tidak semua APM di Indonesia berminat untuk bermain di pasar mobil murah, salah satunya adalah Isuzu. Selama ini, Isuzu dikenal bermain di pasar kendaraan niaga seperti truk dan juga bermain dengan kendaran penumpang dengan mesin Diesel.

Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Keiji Takeda menjelaskan bahwa tidak tertariknya Isuzu Indonesia untuk bermain di kelas mobil murah adalah karena sudah banyak sekali pemain di kelas mobil murah tersebut. Lagipula investasi yang dilakukan Isuzu untuk pengembangan produk sudah besar, sehingga Isuzu tetap akan fokus pada pengembangan kendaraan Niaga dan mobil penumpang bertenaga Diesel seperti Panther, D-Max, dan MU-X.

MU-X Pakai Baju Baru di GIIAS 2016

Salah satu bukti bahwa Isuzu fokus pada mobil niaga dan mobil penumpang bertenaga Diesel adalah diproduksinya Isuzu MU-X dengan penampilan yang baru. Rencananya, mobil ini akan dipamerkan saat pagelaran akbar GIIAS 2016 bulan Agustus 2016 nanti. Isuzu MU-X yang akan ditampilkan nanti berbeda dengan MU-X yang sudah beredar saat ini. Pernyataan ini disampaikan oleh Maman, Head of Marketing Communication Dept PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

tampang Isuzu MU-X 2015 (foto : topspeed.com)
tampang Isuzu MU-X 2015 (foto : topspeed.com)

Beberapa saat yang lalu, di event Bangkok Motor Show 2016, Isuzu Thailand juga sudah memperkenalkan dua varian MU-X yang menggunakan mesin generasi terbaru yaitu mesin 1.900 cc dan 3.000 cc Blue Power. Mesin tersebut telah menyabet gelar Engine of the Year 2016 di Thailand sebagai the Most Hi-Tech Diesel Engine. Hal ini juga semakin memperkuat Isuzu yang menggunakan mesin kapasitas 1.900 cc pada SUV untuk yang pertama kalinya di dunia. Sedangkan di Indonesia, belum ada penjelasan resmi lagi perubahan apa yang akan dilakukan kepada Isuzu MU-X.

Panther Tetap Bertahan dengan Desain Lawas

Siapa yang tidak tahu dengan Isuzu Panther? Mobil penumpang Isuzu terlaris di Indonesia dan pernah merajai jalanan dengan mesin Dieselnya yang terkenal irit. Bentuknya sejak saat pertama kali diluncurkan hingga sekarang ini tidak jauh berbeda. Panther yang bermain di segmen medium MPV tentu harus berhadapan dengan Toyota Innova, Nissan Livina, dan Honda Freed yang menawarkan kesan lebih modern. Tetapi nampaknya ‘macan kumbang’ yang satu ini tetap belum mau untuk mengubah bentuknya.

Isuzu Panther Grand Touring (foto : Isuzu Astra Indonesia)
Isuzu Panther Grand Touring (foto : Isuzu Astra Indonesia)

Hingga saat ini, belum terdengar sedikitpun rencana Isuzu Indonesia untuk melakukan facelift kepada Isuzu Panther. Keiji Takeda menyatakan bahwa untuk merubah tampilan Isuzu Panther saat ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar, jadi saat ini masih belum ada pikiran untuk melakukan facelift pada Panther. Joen Boediputra, Marketing Director IAMI juga menambahkan kalau setiap ubahan yang dilakukan itu pasti ada biaya yang dikeluarkan. Tentu itu juga mempengaruhi harga jualnya ke depan. Jadi pihaknya masih memilih untuk mempergunakan dananya untuk prioritas lain. Saya pribadi sangat menyukai bentuk Isuzu Panther dari dulu hingga sekarang (yang buatan pabrik loh ya, bukan yang hasil karoseri), bentuknya selalu terlihat gagah dan tangguh. Bagaimana dengan anda? Tulislah pendapat anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY