Begini Cara Nissan Lakukan Tes Kedap Air pada Mobilnya

Begini Cara Nissan Lakukan Tes Kedap Air pada Mobilnya

476
0
BERBAGI
(foto : caradvice.com.au)

Untuk melepas sebuah produk ke pasaran, pabrikan mobil biasanya sudah melakukan banyak tes kepada unit yang akan dirilis. Bermacam-macam jenis pengujian yang telah dilakukan oleh pabrikan seperti uji jalan, uji ketahanan, uji performa, dan sederetan pangujian yang lainnya. Pengujian ini dilakukan untuk menjamin bahwa mobil baru ini benar-benar siap untuk dipasarkan, dan tentu saja tidak mengecewakan pembelinya.

Salah satu pengujian yang agak unik adalah pengujian yang dilakukan oleh Nissan Motor Company kepada Nissan Qashqai, yaitu pengujian kedap air. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa seluruh bagian mobil tidak mengalami kebocoran saat hujan. Pengujian ini menjadi salah satu standar yang dilakukan oleh Nissan Motor Company untuk setiap produk yang baru akan diluncurkan. Teknik pengujian ini terlihat mudah karena hanya seperti mencuci mobil, tetapi ada beberapa perbedaan yang dilakukan oleh Nissan.

Menyemprotkan Air Bertekanan Tinggi

Untuk mendeteksi ada atau tidaknya kebocoran pada celah-celah mobil, Nissan melakukan dua kali penyemprotan air. Pertama, air sebanyak 24.000 liter disiramkan ke setiap bagian mobil, atas dan samping, lalu penyemprotan kedua menggunakan air sejumlah 1.000 liter. Agar bisa diketahui sedetail mungkin ada atau tidaknya kebocoran air sekecil apa pun yang bisa masuk ke kabin mobil, saat pengujian kabin kendaraan masih dalam posisi kosong atau belum menggunakan perangkat dasbor dan perangkat interior yang lainnya.

penyemprotan dilakukan pada berbagai sisi untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran (foto : caradvice.com.au)
penyemprotan dilakukan pada berbagai sisi untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran (foto : caradvice.com.au)

Pengujian ini menggunakan penyemprotan air dengan tekanan yang bisa dibilang ekstrim, yakni mencapai 150 bar. Tekanan air yang kuat pada seluruh bagian mobil bertujuan mengetahui ada-tidaknya tingkat kebocoran ataupun masalah pada mobil yang diakibatkan dari masuknya air melalui celah kendaraan. Berdasarkan hasil dari tes ini, Nissan mengklaim bahwa Qashqai adalah “the highest quality in waterproof sealing.”

Hmmm… nggak lucu juga sih kalo anda beli mobil baru tapi saat hujan deras tiba-tiba ada air yang masuk dari celah pintu atau malah membuat kelistrikan mobil anda jadi kacau.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY