Sebelum Membeli Mobil, Kenalilah Fitur-Fitur Keselamatannya

Sebelum Membeli Mobil, Kenalilah Fitur-Fitur Keselamatannya

1226
0
BERBAGI

Kadang-kadang, saat berkendara kita melupakan faktor utama yang sangat penting, yaitu faktor keselamatan. Saat memilih mobil baru, tidak jarang Anda lupa untuk mempertimbangkan faktor keamanannya karena lebih mempertimbangkan desain dan performanya. Sebuah mobil akan bernilai plus ketika mempunyai desain yang bagus, performa yang mantap, dan mesin yang kencang. Tetapi tanpa fitur-fitur keselamatan yang memadai, nilai-nilai plus tadi hanya akan jadi angin lalu.

Pabrikan tidak akan pernah berhenti untuk berinovasi dengan ragam fitur keselamatan pada mobil. Penambahan fitur keamanan biasanya berpengaruh pada harga jualnya yang juga akan meningkat akibat ongkos produksi. Tetapi, harga mobil yang mahal belum tentu mempunyai fitur keselamatan yang memadai. Sebelum membeli, biasakanlah untuk melakukan riset kecil tentang mobil yang akan Anda beli, atau bisa juga menanyakan spek detailnya pada sales person yang bertugas. Berikut ini kami jabarkan beberapa fitur keselamatan standar yang ada pada mobil kebanyakan.

Safety Belt

Sesuai degan namanya, sabuk ini berguna untuk menjaga keselamatan penumpang. Safety belt sudah menjadi fitur keselamatan standar yang harus ada pada semua mobil penumpang. Tugasnya adalah menahan penumpang tetap dalam posisinya agar tidak terpental saat terjadi tabrakan atau pengereman mendadak.

Ketahui dengan benar manfaat sabuk pengaman agar Anda tidak lagi menyepelekannya (Foto: Nooga)
Ketahui dengan benar manfaat sabuk pengaman agar anda tidak lagi menyepelekannya (Foto: Nooga)

Safety belt memang terlihat sangat sederhana, namun safety belt mempunyai sistem kerja yang cukup kompleks. Ia memiliki sistem yang membaca kapan harus mengencang dan mengendur. Seiring perkembangannya, saat ini sudah muncul pretensioner safety belt, ia tak hanya mengencang dan mengendur, namun bisa mengencang seketika dengan sangat cepat meskipun safety belt dalam posisi longgar sekalipun. Caranya adalah dengan memberikan tenaga ekstra untuk menggulung safety belt dengan sangat cepat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY