Datsun Pertimbangkan Go Bermesin 1.000 cc

Datsun Pertimbangkan Go Bermesin 1.000 cc

1097
0
BERBAGI
Datsun Go bermesin 1.200 cc yang ada saat ini (Foto: Datsun)

Persaingan mobil di segmen LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia memang terbilang cukup sengit. Maklum saja, peminatnya banyak dan didukung oleh pabrikan yang memiliki masing-masing modelnya dengan kisaran harga beraneka ragam. Salah satu pemain lama yang berada dalam kategori LCGCG adalah Datsun Go.

Sejak kemunculannya, Datsun Go ditawarkan dalam satu pilihan mesin, yakni mesin berkapasitas 1.200 cc. Pilihan mesin tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni dan terbukti Datsun Go memiliki peminatnya sendiri yang tak bisa dibilang sedikit. Kini, muncul kabar terbaru dari Datsun India yang tengah mempertimbangkan untuk memberikan mesin 1.000 cc pada Datsun Go.

Demi Harga Jual yang Lebih Murah Lagi?

Mesin 1.200 cc milik Datsun Go saat ini mencatatkan angka tenaga sebesar 68 hp dengan torsi 104 Nm. Andaikan mesin 1.000 cc jadi diberikan pada mobil ini, tenaganya tentu akan menurun. Meski begitu, jika mesin yang digunakan mencomot milik Renault Kwid, maka besaran tenaganya tak terlalu jauh berkurang, setidaknya masih berada di angka 65 hp. Bobot mobil ini pun dikenal ringan, hanya 788 kg. Dengan demikian diperkirakan Datsun Go 1.000 cc tidak akan terasa kekurangan tenaga.

Mesin 1.000 cc nampaknya akan jadi opsi menarik bagi konsumen (Foto: Datsun Bandung)
Mesin 1.000 cc nampaknya akan jadi opsi menarik bagi konsumen (Foto: Datsun Bandung)

Salah satu pertimbangan Datsun India untuk menghadirkan mesin 1.000 cc ini nampaknya terkait dengan harga jual yang pastinya diprediksi jadi lebih murah. Sebagai informasi, Datsun Go bermesin 1.200 cc untuk pasar India saat ini dihargai 325.726 Rupee atau sekitar Rp 64 jutaan. Dengan harga yang sebenarnya sudah termasuk murah (untuk ukuran Indonesia), kenapa ya Datsun India ingin lebih murah lagi?

Daripada memikirkan urusan mesin dan kemurahan harga, kami sih lebih setuju kalau Datsun Go ditingkatkan lagi keamanannya (Foto: ASEAN NCAP)

Ternyata pihak Datsun India merasa Datsu Go bermesin 1.200 cc masih terlalu mahal. Penyebabnya adalah banyak komponennya yang masih didatangkan dari luar India. Dengan pemilihan mesin 1.000 cc, diharapkan mampu menutupi hal tersebut sehingga nilai jualnya akan lebih murah daripada mesin yang 1.200 cc.

Masih belum ada kejelasan kapan Datsun India akan merealisasikan rencana ini. Jika sukses, bukan tak mungkin opsi mesin 1.000 cc juga akan hadir di Indonesia, bukan?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY