Pamer Teknologi, Honda Bawa Mobil Fuel Cell ke GIIAS 2016

Pamer Teknologi, Honda Bawa Mobil Fuel Cell ke GIIAS 2016

895
0
BERBAGI

Gelaran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 sudah semakin dekat. Para APM sedikit demi sedikit mulai menyatakan diri siap hadir pada pagelaran GIIAS 2016. Tidak hanya menjadi ajang jualan, GIIAS 2016 yang akan digelar di ICE, BSD City, Tangerang Selatan ini juga akan menjadi ajang pamer bagi banyak produsen otomotif. Salah satu pabrikan besar yang tidak mau kalah dan sudah menyatakan diri akan hadir adalah Honda.

Walaupun kita semua sudah tahu bahwa Honda akan hadir membawa mobil-mobil produknya yang menempati garda terdepan, tetapi masih banyak yang menebak-nebak, kira-kira mobil ‘jagoan’ apakah yang akan dipamerkan oleh Honda? Apakah Civic Type R, atau mungkin NSX? Tapi ternyata tebakan awak media otomotif Indonesia masih salah. Di event tersebut, ternyata Honda akan memamerkan fuel cell concept car, Honda Clarity. Honda Clarity Fuel Cell diklaim menjadi sedan fuel cell pertama dengan 5-seater di dunia.

Emisinya Nol

Honda Clarity adalah mobil listrik bertenaga hidrogen, mobil ini merupakan salah satu sedan terbaik dari lima sedan bertenaga Fuel Cell yang ada di dunia saat ini. Clarity adalah generasi kedua mobil listrik bertenaga hidrogen buatan Honda. Kemunculan mobil ini di GIIAS 2016 bukan untuk dijual, karena Honda hanya berniat untuk memamerkan teknologi dan inovasi yang selama ini dikembangkan oleh Honda, sekaligus menyelaraskan dengan tema besar GIIAS 2016 ‘Smart Mobility for the Future’.

mobil ini diklaim memiliki emisi nol (foto : insideevs.com)
mobil ini diklaim memiliki emisi nol (foto : insideevs.com)

Mobil ini terbilang praktis, karena telah dilakukan pengembangan teknologi terbaru pada Fuell Cell Stack yang berfungsi sebagai pembangkit listrik di Honda Clarity sehingga mobil dapat menempuh jarak sejauh 700 kilometer dalam sekali pengisian penuh selama 3 menit saja. Tenaga yang dihasilkan juga lumayan, walaupun tidak bisa dibilang besar, yaitu 140 hp. Honda mengklaim bahwa mobil ini adalah mobil dengan zero emision, karena sistem kerjanya yang mengubah gas hidrogen terkompresi menjadi daya untuk motor listrik melalui fuel cell, sedangkan O2 yang terpecah dikeluarkan sebagai produk sampingan dalam bentuk air, bukan air kotor tetapi air bersih.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY