Mercedes-AMG GT R, Sang Monster Hijau dari Green Hell

Mercedes-AMG GT R, Sang Monster Hijau dari Green Hell

1173
0
BERBAGI
Warna hijaunya ditujukan sebagai penghormatan pada sirkuit Nurburgring (Foto: netcarshow)

Mercedes-AMG baru saja melepaskan monster terbarunya yang memiliki tenaga 577 hp dan torsi 700 nm. Monster bernama Mercedes-AMG GT R tersebut diposisikan sebagai mobil di atas AMG GT S yang sudah lebih dahulu dikenal dan merupakan versi jalan umum dari GT3 yang mengikuti balap FIA (Fédération Internationale de l’Automobile).

Mercedes-AMG GT R membuka selubungnya pada media hari Jumat (24/6) waktu setempat di ajang Mercedes-Benz World sebelum akhirnya turut berpartisipasi di gelaran Goodwood Festival of Speed 2016 sehari setelahnya. Lalu, apa yang membuat mobil ini spesial?

Warna Hijau Sebagai Penghormatan pada The Green Hell

Sebagai pemegang tahta puncak dari lini AMG GT, alias mobil sport Mercedes-Benz yang legal dipakai di jalan umum, AMG GT R jauh lebih brutal, lebih cepat dan lebih kuat dari AMG GT yang diluncurkan beberapa tahun lalu. Mobil ini mampu berakseleasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik dengan kecepatan puncak mencapai 318 km/jam.

Cat berwarna hijau yang melapisinya disebut sebagai warna AMG Green Hell Magno (Foto: netcarshow)

Dilapisi kelir berwarna hijau, Mercedes menyebut cat tersebut dengan “AMG Green Hell Magno” sebagai penghormatan pada sirkuit Nurburgring, utamanya pada trek Nordschleife (lingkar utara) yang sering dikenal sebagai The Green Hell (Neraka Hijau) dan sering digunakan untuk pengujian berbagai model mobil.

Lebih Agresif dan Lebih Aerodinamis

Sebagai lini tertinggi dari AMG GT, mobil ini nampak lebih aerodinamis sekaligus lebih agresif karena dibekali dengan body kit berupa bumper depan dengan splitter, spoiler besar di belakang dan diffuser besar hingga bumper belakang yang makin menguatkan kesan agresif .

Kabinnya bercitarasa sporty sekaligus modern (Foto: netcarshow)
Kabinnya bercitarasa sporty sekaligus modern (Foto: netcarshow)

Tak hanya kelirnya saja yang memiliki pesan sebagai penghormatan tertentu, karena grille dari AMG GT R pun juga memiliki pesan penghormatan tersendiri, khususnya terhadap mobil balap ikonik Mercedes-Benz 300 SL yang memenangkan balapan Carrera Panamericana Mexican pada 1952.

Mercedes-AMG GT R (Foto: netcarshow)
Grille Mercedes-AMG GT R menjadi penghormatan bagi mobil balap ikonik Mercedes-Benz 300 SL (Foto: netcarshow)

Sebagai mobil sport, AMG GT R memiliki struktur bagian bawah yang dilengkapi dengan komponen karbon. Ketika mobil dikemudikan dalam mode Race dan dikendarai lebih dari 80 km/jam, maka bodi mobil akan turun. Inilah yang membuat AMG GT R lebih dinamis, terutama di lintasan balap. Bobot mobil inipun disebut lebih ringan 80-100 kg dari AMG GT S.

Spesifikasi Mesin

Seperti yang sudah kami ulas di atas tadi, Mercedes-AMG GT R mampu menghasilkan tenaga sebeasr 577 hp dan torsi 700 nm hasil penggunaan mesin V8 twin-turbocharged 4.0-liter yang di upgrade. Mesin spesial tersebut dikombinasikan dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan yang disalurkan ke roda belakang.

(Foto: netcarshow)
AMG GT R menggunakan mesin V8 twin-turbocharged 4.0-liter yang di upgrade (Foto: netcarshow)

Mercedes-AMG GT R juga dilengkapi oleh suspensi adjustable coil-over dan sistem rear-wheel steering untuk meningkatkan stabilitas. Hingga saat ini, Mercedes-Benz belum mengumumkan bocoran harga dari mobil tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY