Mau Pilih Jalur Utama Atau Jalur Alternatif Untuk Mudik?

Mau Pilih Jalur Utama Atau Jalur Alternatif Untuk Mudik?

871
0
BERBAGI

Saat musim mudik seperti sekarang ini, Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi pasti ingin melewati jalan yang nyaman dan bebas hambatan. Hmmmm… serba salah memang, lewat jalur utama biasanya memang jalannya halus dan nyaman, tetapi tentu saja pada saat musim mudik seperti ini arusnya padat merayap. Sedangkan jika memilih jalur alternatif, biasanya relatif lebih sepi dan minim hambatan, tetapi jalannya belum tentu nyaman karena kemungkinan ada jalan rusaknya lebih besar.

Lalu bagaimana sebaiknya? Mana jalan yang sebaiknya dipilih? Semuanya bergantung kepada kesiapan Anda. Jika memang tidak ingin menghadapi kemacetan yang berlebihan, Anda bisa memilih jalur alternatif. Tetapi melewati jalur alternatif tanpa persiapan juga akan berbahaya bagi Anda. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa nyaman melewati jalur alternatif?

Pelajari Dulu Jalurnya

Sebenarnya jalur alternatif tidak selalu dapat menjadi pilihan terbaik, bahkan terkadang ini dapat menjadi pilihan yang kurang baik. Kenapa? Karena sebaiknya Anda jangan sembarangan melewati jalur alternatif jika belum tahu detail jalurnya secara jela. Tetapi jika Anda tetap nekad melalui jalur alternatif yang tidak Anda ketahui, maka Anda harus siap menerima konsekuensinya. Sebelum Anda mengambil rute alternatif, pelajarilah dulu jalurnya, dan ada baiknya juga perlu Anda perhatikan keberadaan bengkel di jalan tersebut karena biasanya di jalan alternatif jarang ditemui bengkel yang tentunya akan Anda perlukan saat terjadi kerusakan. Selain itu Anda juga wajib waspada dengan tingkat kejahatan yang biasanya lebih tinggi di jalan-jalan yang sepi.

hati-hati dengan kondisi jalan di jalur alternatif yang kadang tidak terawat (foto : radarlamsel.com)
hati-hati dengan kondisi jalan di jalur alternatif yang kadang tidak terawat (foto :
radarlamsel.com)

Beberapa jalan alternatif juga banyak memiliki kondisi jalan yang kurang terawat, atau permukaanya kurang bagus, hal ini tentunya akan menjadi masalah di kaki-kaki mobil Anda. Selain itu, hati-hati melewati  jalan yang ada genangan airnya, jangan sampai anda melewati genangan air yang dalam sehingga ruang bakar terkena air. Pastikan dulu Anda tahu secara mendetail kondisi rute alternatif ketika ingin mudik melewati jalur ini. Jika Anda kurang tahu, maka ada baiknya anda melewati jalan utama meskipun macet. Melewati jalan utama yang lebih jelas arahnya tentu lebih aman dan jika butuh bantuan, banyak yang membantu atau tahu.

Persiapkan Kaki-Kaki Mobil Anda

Salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk lewat jalur alternatif adalah mempersiapkan kaki-kaki mobil agar bisa mencapai kondisi yang prima. Selain ban dan velg, hal yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan suspensi kendaraan Anda. Agar tetap nyaman saat berkendara, sudah seharusnya suspensi mobil perlu diperhatikan dan mendapatkan perawatan khusus agar tetap bisa bekerja meredam kejutan-kejutan yang diberikan oleh permukaan jalan dengan maksimal sehingga tidak menggangu kenyamanan dalam perjalanan.

sektor kaki-kaki harus mendapat perhatian juga dalam perawatan mobil (ilustrasi : mobilku.com)
sektor kaki-kaki harus mendapat perhatian juga dalam perawatan mobil (ilustrasi : mobilku.com)

Untuk memastikan suspensi masih bisa memberikan bantingan dan keseimbangan maksimal, pemilik mobil bisa merasakan atau dengan meminta masukan dari penumpang belakang apakah terjadi bantingan keras saat melewati jalan rusak. Jika bantingan terasa keras, kemungkinan kinerja suspensi sudah berkurang. Jika terjadi kondisi suspensi terasa keras, bisa jadi karena perangkat suspensi sudah tidak bisa bekerja maksimal akibat usia pakai atau memang karakter setting-an suspensi pabrikan. Dengan kondisi tersebut, pemilik bisa melakukan penggantian suspensi. Namun bagi yang tidak ingin keluar dana besar, bisa mengganti per ulirnya saja. Sedikit tips, pada mobil keluaran Jepang, penggantian bisa menggunakan per second khusus mobil Eropa yang memiliki kualitas cukup bagus. Selain itu, perhatikan juga seal oli dan seal debu pada shockbreaker-nya supaya tidak terjadi kebocoran oli.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY