Mudik dengan Mobil Pribadi? Pastikan Alat-Alat Berikut Ini Ada di Mobil Anda

Mudik dengan Mobil Pribadi? Pastikan Alat-Alat Berikut Ini Ada di Mobil Anda

1074
0
BERBAGI
Pastikan Anda telah mempersiapkan alat-alat wajib selama perjalanan mudik (Foto: Autostopltd)

Arus mudik 2016 sudah mulai nampak dan diperkirakan bakal mengalami puncaknya pada kisaran tanggal 3-4 Juli 2016. Jika Anda adalah salah satu yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka sebaiknya Anda sudah mempersiapkan sejumlah hal penting sebelum memulai perjalanan seperti pengecekan mobil dan membuat daftar barang yang akan dibawa.

Selain hal-hal tersebut, Anda juga kami sarankan membawa beberapa peralatan penting yang dapat digunakan jika menghadapi kondisi tak terduga di jalan maupun hal-hal lainnya. Dengan adanya peralatan-peralatan ini, kami harap Anda dapat segera mengatasi kendala apapun yang mungkin terjadi selama perjalanan.

1. Tool Kit

Biasanya pabrikan mobil sudah memberikan tool kit berisi sejumlah peralatan wajib dalam mobil. Meski demikian, Anda bisa membeli tool kit tambahan yang isinya lebih lengkap. Kebanyakan tool kit yang beredar di pasaran saat ini dijual satu set dengan kotak atau tasnya. Beberapa peralatan wajib yang harus ada dalam sebuah tool kit antara lain: kunci pas (ukuran 10 mm, 12 mm, 14 mm dan 16 mm), tang, palu dan obeng (plus dan minus dengan tangkai yang bervariasi).

Contoh tool kit berisi peralatan wajib di mobil (Foto: carmudi)

Sisipkan pula mur dan baut (ukuran 10 mm dan 12 mm) secukupnya, isolasi PVC, sekering dengan berbagai ukuran (mulai dari 10 ampere sampai 25 ampere), serta bohlam lampu utama dan senter ke dalam kotak tol kit tersebut sebagai cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan.

2. Dongkrak

Dongkrak biasanya juga merupakan salah satu peralatan yang sudah disediakan pabrikan pada mobil yang dijualnya. Fungsi utamanya untuk mengangkat sebagian bodi mobil untuk memudahkan dalam memperbaiki kerusakan tertentu seperti mengganti ban yang bocor.

Pastikan dongkrak selalu ada di mobil Anda (Foto: Tokopedia)
Pastikan dongkrak selalu ada di mobil Anda (Foto: Tokopedia)

Dongkrak standar pabrikan biasanya berukuran kecil dengan alasan kepraktisan penyimpanan. Sayangnya, dongkrak jenis ini kadang tidak praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda bisa juga melengkapi mobil Anda dengan membawa dongkrak hidrolik yang jauh lebih praktis untuk dioperasikan.

3. Kabel Jumper

Aki yang tekor dapat membuat mobil Anda mendadak mati. Hal ini tentu saja dapat menimbukan kerepotan jika Anda tengah menjalani mudik bukan? Salah satu solusinya adalah  ”meminjam” listrik dari mobil lain dengan menggunakan kabel jumper.

Kabel jumper adalah solusi cepat saat aki Anda tekor di perjalanan (Foto: membelipengalaman)
Kabel jumper adalah solusi cepat saat aki Anda tekor di perjalanan (Foto: membelipengalaman)

Keberadaan kabel jumper dalam mobil tergolong penting, terutama bagi mobil bertransmisi otomatis yang mengalami masalah pada aki. Selain itu Anda juga bisa membantu orang lain yang juga mengalami masalah pada aki mobilnya dengan menggunakan alat ini.

4. Kotak P3K

Adanya kotak P3K dalam kendaraan tergolong signifikan dan penting. Apalagi kita tidak bisa memprediksi apa saja yang mungkin terjadi di perjalanan. Mudik adalah aktivitas yang cukup melelahkan dan terkadang membuat daya tahan tubuh menurun, oleh karenanya, obat-obatan yang tersedia di kotak P3K bisa menjadi solusi atau tindakan pencegahan pertama.

Kotak P3K dengan sejumlah obat penting wajib Anda bawa saat perjalanan jauh (Foto: Tokopedia)
Kotak P3K dengan sejumlah obat penting wajib Anda bawa saat perjalanan jauh (Foto: Tokopedia)

Anda perlu menyiapkan kotak P3K yang berisi vitamin dan aneka obat-obatan penting seperti obat penurun panas, obat luka, minyak kayu putih, balsam bayi, perban, plester, losion nyamuk, hingga termometer.

5. Alat Navigasi

Saat melintasi jalur tertentu, terkadang kita mengalami kebuntuan atau kebingungan untuk menentukan arah selanjutnya. Itulah sebabnya kami menyarankan Anda untuk membawa alat bantuan navigasi. Anda bisa menggunakan unit Global Positioning System (GPS) yang khusus untuk mobil, atau memakai aplikasi peta gratis pada smartphone.

GPS menjadi salah satu piranti penting saat perjalanan jauh (foto : tokopedia.com)
GPS menjadi salah satu piranti penting saat perjalanan jauh (foto : tokopedia.com)

Beberapa aplikasi navigasi yang saat ini populer digunakan adalah Google Maps dan Waze. Aplikasi tersebut mudah untuk digunakan dan mampu memproses informasi dari pengguna lainnya dalam mengalkulasi daerah-daerah yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk perjalanan kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY