Toyota akan Recall 1,43 Juta Kendaraan Hybridnya Gara-Gara Airbag

Toyota akan Recall 1,43 Juta Kendaraan Hybridnya Gara-Gara Airbag

490
0
BERBAGI
penyebabnya masih airbag Takata (sumber : pakwheels.com)

Belakangan ini santer tersiar kabar beberapa merk mobil di recall, dan saat ini hal tersebut juga menimpa Toyota. Pabrikan asal Jepang itu mengumumkan akan melakukan recall besar-besaran dalam waktu dekat ini. Toyota disebut akan menarik 1,43 juta mobil yang terdiri dari Toyota Prius dan Lexus CT200 di seluruh dunia. Mobil-mobil yang kena recall adalah mobil produksi tahun 2010 hingga 2012.

Alasan recall ini dikarenakan adanya dugaan cacat produksi pada bagian inflator airbag. Kerusakan terdapat pada inflator yang bisa retak pada sambungan las dan berpotensi menyebabkan terpisahnya ruang inflator. Kerusakan tersebut berakibat pada aibag yang hanya bisa mengembang sebagian dan inflator dapat masuk ke kabin. Kondisi tersebut malah akan meningkatkan resiko cedera penumpang.

Bukan Airbag Takata

Seperti yang kita ketahui, selama ini banyak media yang memberitakan bahwa sejumlah perusahaan otomotif melakukan recall terhadap beberapa model mobilnya karena permasalahan airbag, hampir semuanya menggunakan airbag produksi dari Takata. Tetapi untuk kasus Toyota ini, airbag yang bermasalah disebut bukan hasil produksi Takata, walaupun juga belum ada informasi pabrikan yang membuatnya.

Toyota Prius, salah satu varian yang terkena recall (foto : yourcartoday.com)
Toyota Prius, salah satu varian yang terkena recall (foto : yourcartoday.com)

Sementara ini, dari pihak Toyota belum mengetahui apakah ada penumpang yang cedera atau belum akibat dari kerusakan inflator ini. Penarikan ini akan diumumkan secara langsung kepada pemilik kedua jenis mobil itu, baik lewat surat, telepon, maupun email. Toyota menjamin, tidak akan ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan ini untuk memperbaiki kerusakan airbag-nya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY