Anak Tertua Osamu Suzuki Kini Memimpin Suzuki Motor Corporation

Anak Tertua Osamu Suzuki Kini Memimpin Suzuki Motor Corporation

1245
0
BERBAGI
Toshihiro Suzuki (kiri) dan Osamu Suzuki (kanan) (foto : japantimes.co.jp)

Seperti yang sudah deberitakan beberapa waktu lalu, CEO Suzuki Motor Corporation, Osamu Suzuki memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini terkait dengan skandal yang dibuat oleh Suzuki masalah pengujian konsumsi bahan bakar. Pengunduran diri dari jabatan seperti ini sudah menjadi hal yang biasa di Jepang, jika seseorang melakukan kesalah besar dan sudah membuat malu perusahaan atau institusi, maka jalan untuk menebus kesalahannya adalah harus siap mengundurkan diri dari jabatan.

Osamu Suzuki yang merupakan pemimpin terlama di perusahaan ini akhirnya menyerahkan jabatan CEO-nya kepada putra tertuanya, Toshihiro Suzuki. Pengumuman ini keluar menyusul digelarnya rapat pemegang saham tahunan pada hari Rabu, 29 Juni 2016 kemarin. Toshihiro, akan menjadi presiden Suzuki, sementara Osamu akan tetap berkedudukan sebagai chairman. Pengumuman ini meluruskan ketidakpastian tentang suksesi manajemen di Suzuki, di mana Osamu Suzuki menjabat sebagai ketua sekaligus presiden atau CEO sejak tahun 1978. Pasar pun merespon positif. Nilai saham produsen mobil itu naik sebanyak 5,5 persen dalam perdagangan Tokyo, terbesar sejak 12 Mei dan ditutup pada level ¥ 4.135.

Tugas Berat Toshihiro

Putra tertua Osamu Suzuki ini dipromosikan menjadi kepala perusahaan saat perusahaannya sendiri sedang berada dalam masalah, hal ini tentu akan menjadi beban tersendiri bagi Toshihiro. Toshihiro bertugas untuk membersihkan nama Suzuki dan membereskan skandal data efisiensi bahan bakar dan metode pengujian emisi yang tidak sesuai dengan peraturan di Jepang. Sebelumnya, pada tahun lalu Osamu menyerahkan jabatan Presiden Suzuki Motor Corporation kepada Toshihiro sebagai bagian dari rencana suksesi. Toshihiro bergabung dengan Suzuki sejak 1994 setelah bertugas di perusahaan suplier, Denso Corp.

Osamu Suzuki tetap akan berperan banyak di perusahaan (foto : autoblog.com)
Osamu Suzuki tetap akan berperan banyak di perusahaan (foto : autoblog.com)

Setelah melepas jabatan CEO, sang Ayah, Osamu Suzuki tetap menjadi chairman. Untuk diketahui, Osamu telah memimpin Suzuki Motor Corporation selama 38 tahun sejak 1978. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa menjabatnya Toshihiro tidak akan banyak mengubah perusahaan, apalagi Osamu masih menjabat sebagai chairman Suzuki Motor Corporation. Hal ini didukung oleh pernyataan seorang analis, Hiroaki Mochida. Mochida mengatakan bahwa dalam jangka pendek, Osamu adalah harapan terbaik dalam bersaing di pasar negara berkembang, salah satunya di India di mana Suzuki menargetkan pangsa pasar sekitar 40 persen di negeri itu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY