Toyota Inggris Melahirkan Kembali ‘Mobil Tukang Tahu’

Toyota Inggris Melahirkan Kembali ‘Mobil Tukang Tahu’

2342
0
BERBAGI

Jika Anda adalah seorang penggemar otomotif dan juga menggemari film, Anda pasti mempunyai beberapa mobil idola yang beberapa diantaranya menjadi ikon di film-film yang Anda tonton. Beberapa contohnya, Dodge Charger pada film ‘Dukes of Hazzard’ atau ‘Fast and Furious’, DeLorean DMC-12 dari film ‘Back to the Future’, Pontiac GTO di film ‘the Last Ride’, Mustang Shelby GT500 ‘Eleanor’ yang dinaiki oleh pemeran utama di ‘Gone in 60 Second’, dan lain sebagainya.

Salah satu film yang sempat booming dan sangat berpengaruh pada anak-anak muda di dunia adalah film Initial D dari Jepang. Film yang asal mulanya dari serial kartun ini kemudian diangkat menjadi film layar lebar yang sukses. Anda semua pasti tahu arah topik yang akan saya bicarakan, apalagi kalau bukan Toyota Sprinter Trueno AE86 yang menjadi tunggangan Takumi Fujiwara!

Toyota AE86 dan Initial D

Film tersebut menceritakan seorang pembuat tahu yang hidup bersama anaknya. Setiap pagi, sang anak, Takumi Fujiwara harus mengantar tahu melewati gunung Akina di Jepang. Kegiatan mengantar tahu itu ia lakukan setiap hari menggunakan Toyota AE86 Trueno yang sudah lama dibangun oleh ayahnya, karena dulu ayahnya juga gila balap. Setiap hari ia terus belajar untuk mengantarkan tahu secepat mungkin tanpa merusak tahu-tahu itu. Secara tidak langsung, ia kemudian bisa menuruni gunung Akina menggunakan teknik drifting dengan kecepatan tinggi.

salah satu adegan balapan pada film Initial D (sumber : listal.com)
salah satu adegan balapan pada film Initial D (sumber : listal.com)

Kebetulan di gunung ini sering diadakan balap liar drifting menuruni gunung Akina, dan Takumi diceritakan sering tidak sengaja mengalahkan orang-orang yang sedang balapan di Gunung ini. Hal yang semakin melambungkan nama Toyota AE86 ini adalah kemampuannya yang bisa mengalahkan Mazda RX-7, Nissan Skyline GT-R, bahkan Honda S2000. Karakter asli AE86 dari Initial D merupakan mobil hasil modifikasi yang realistis, berkat film ini, sosok Truneo AE86 menjadi budaya tersendiri bagi sebagian penggemar otomotif di dunia.

Bangkitnya Mobil Pengantar Tahu

Karena bagitu legendarisnya mobil yang berwarna hitam-putih ini, Toyota Inggris mencoba membangkitkan kembali semangat balap Trueno dalam salah satu model unggulannya, Hachiroku alias 86. Banyak yang mengatakan bahwa lahirnya Toyota 86 adalah sebuah reinkarnarnasi dari Toyota AE86 Trueno karena keduanya punya karakter mirip. Berpenggerak roda belakang, ringan, dan lihai diajak manuver.

hasil modifikasi Toyota 86 yang digambarkan seperti komik oleh seniman manga di Ingrris (sumber : blog.toyota.co.uk)
hasil modifikasi Toyota 86 yang digambarkan seperti komik oleh seniman manga di Ingrris (sumber : blog.toyota.co.uk)

Toyota Inggris ingin membangkitkan lagi memori AE86 pengantar tahu ini menggunakan Toyota 86 yang dimodifikasi. Mobil konsep ini rencananya akan dipamerkan pada beberapa pagelaran otomotif di Inggris musim panas ini.

Tidak ketinggalan, tulisan kanji Jepang bertuliskan Fujiwara Tofu Shop menghiasi pintu (Foto: Bosmobil)
Tidak ketinggalan, tulisan kanji Jepang bertuliskan Fujiwara Tofu Shop menghiasi pintu (Foto: Bosmobil)

Untuk memodifikasi Toyota 86 standar agar bisa mirip AE86 di film Initial D, Toyota Inggris memakaikan serat karbon untuk kap mesin, handle pintu, serta spion. Selain itu, sisi mobil juga diwarnai hitam seperti yang diceritakan dalam film. Aksen jadul terdapat pada kaki-kaki dimana velg RS Watanabe F8 berdiameter 17 inci turut dicat hitam.

(Foto: Bosmobil)
sisi mobil juga diwarnai hitam seperti yang diceritakan dalam film (Foto: Bosmobil)

Selain itu, Toyota melengkapi beberapa aksesori pada GT86 seperti mud-flap, foglamp kuning, hingga lampu belakang yang mikanya lebih gelap. Tidak ketinggalan, tulisan kanji Jepang bertuliskan Fujiwara Tofu Shop menghiasi pintu. Bahkan knalpot Fujitsubo pun dipasangkan agar semakin mirip dengan tokoh di film. Salah satu perbedaannya adalah, mobil ini tetap menggunakan mesin boxer, bukan 4A-GE seperti yang digunakan oleh AE86.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY