Tips Mengatasi Mual Saat Perjalanan Mudik

1420
0
BERBAGI

Masalah yang sering ditakutkan sebagian orang ketika akan melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan adalah mabuk. Perlu diketahui bahwa, mabuk bukan masalah kampungan atau tidak, namun lebih karena kondisi kesehatan.

Ada beberapa orang yang cenderung mudah mengalami mabuk di perjalanan. Mereka adalah anak-anak usia dua hingga 12 tahun, ibu hamil, juga mereka yang mudah terserang migrain. Gejala mabuk di perjalanan meliputi mual, muntah, sakit kepala, dan berkeringat. Ini disebabkan oleh gangguan pada bagian dalam telinga karena guncangan berulang-ulang.

(Via sehatfresh.com)

(Via sehatfresh.com)

Namun tidak perlu khawatir. Kalau kamu termasuk orang yang sering mabuk perjalanan, ada beberapa tips ampuh yang bisa kamu terapkan.

1. Pastikan kamu sudah makan

Kamu akan lebih rentan mabuk jika menaiki kendaraan dalam keadaan perut kosong. Karena itu, makanlah setidaknya 45 menit hingga satu jam sebelum berangkat. Pastikan juga cairan tubuh tercukupi, namun bukan dengan minum kopi atau alkohol.

(Via qraved.com)

(Via qraved.com)

2. Ngemil selama perjalanan

Ketika kamu akan melakukan perjalanan panjang, mudik misalnya, bawalah camilan untuk dikonsumsi setiap beberapa jam. Camilan yang tepat adalah jenis makanan yang ringan, tawar, rendah lemak dan asam. Hindari makanan berminyak dan pedas karena justru dapat memicu rasa mual.

(Via Pitoyo Susanto Photography)

(Via Pitoyo Susanto Photography)

3. Tepat memilih tempat duduk

Sebisa mungkin pilihlah tempat duduk yang tidak membuat badanmu terguncang selama perjalanan. Bila kamu menggunakan mobil, duduklah di kursi penumpang tengah, bukan di belakang. Kalau menaiki bus bertingkat, pilih kursi di bagian bawah. Saat kamu harus menaiki kapal, kursi di bagian tengah yang sejajar dengan air adalah pilihan terbaik. Sementara untuk pesawat terbang, usahakan memilih kursi di bagian tengah.

(Via youtube.com)

(Via youtube.com)

4. Fokuskan pandangan ke satu titik jauh

Sepanjang perjalanan, sebaiknya kamu jangan membaca atau pun menunduk. Sebaliknya, fokuskan pandanganmu pada satu objek tak bergerak di arah depan. Jika mendadak merasa pusing, berbaringlah kalau memang memungkinkan, atau sekadar menutup mata sejenak.

(Via efekgila.com)

(Via efekgila.com)

5. Manfaatkan jahe

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa jahe sangat manjur untuk mencegah mabuk perjalanan. Kamu bisa makan permen rasa jahe, minum air jahe, atau menelan kapsul akar jahe. Selain itu, permen dengan rasa mint bisa dijadikan alternatif lain untuk menenangkan pencernaanmu. Jangan mengunyah permen karet (walaupun dengan rasa mint) karena dapat memicu produksi asam lambung berlebih yang mengakibatkan mual.

(Via tokopedia.net)

(Via tokopedia.net)

6. Fokus pada pernafasan

Tips terakhir adalah dengan memfokuskan pernafasanmu. Menarik napas dalam, perlahan dan membuangnya secara lembut akan mengalihkan perhatianmu dari rasa mual yang mengganggu. Selain itu, tehnik pernapasan ini juga dapat membuat kamu rileks.

(Via estidiestie.blogspot.com)

(Via estidiestie.blogspot.com)

Perjalanan terbaik adalah ketika kamu bisa menikmatinya. Untuk itu, jangan biarkan pikiranmu terganggu hanya karena rasa cemas akan mabuk perjalanan.

Kalau kamu bukan termasuk orang yang sering mabuk di perjalanan, bagikan tips bermanfaat ini kepada teman-teman yang lebih membutuhkannya.

—–

*) Tips ini disadur dari www.inovasee.com, sebuah media online yang mengulas pelbagai hal menarik yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY