Ini Dia Bocoran Lengkap Varian dan Fitur Toyota Calya

Ini Dia Bocoran Lengkap Varian dan Fitur Toyota Calya

3430
0
BERBAGI
Ini dIa penampakan Toyota Calya (Foto: ariobimoo_)

Kembali muncul lagi bocoran terbaru mengenai calon mobil low MPV anyar Toyota, yakni Calya, yang bersumber dari sebuah akun Instagram wiraniaga Toyota dengan nama akun @patramaulana.

Akun tersebut membeberkan detail varian serta beberapa fitur yang akan dipasang di Toyota Calya. Tak hanya itu, daftar harga lengkapnya pun turut dibocorkan! Salah seorang sumber kami telah berbaik hati merangkumkan detailnya seperti berikut ini:

1. Ada 4+1 varian Calya yang akan dipasarkan

Toyota telah mempersiapkan empat varian Calya yang terdiri dari G AT, G MT, E AT, E MT, dan satu varian E MT STD yang nampaknya diperuntukkan untuk pasar fleet.

2. Semua tipe menggunakan mesin 3NR-VE 1.200 cc

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Toyota Calya dibekali mesin yang sudah dipakai di Etios Valco dan Yaris Thailand (1.2) berkode 3NR-VE.

Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)
Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco akan dipinjamkan pada Calya (Foto: Kaskus)

Ini merupakan mesin Toyota yang dikembangkan lagi oleh Daihatsu serta diberi tambahan teknologi dual VVT-i dengan tenaga 88 HP pada 6000 rpm dan torsi 11 kgm pada 4200 rpm.

3. Transmisi yang dipakai

Toyota Calya ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

4. Pengaturan AC

Semua varian Toyota Calya tidak dilengkapi double blower di atap seperti Avanza-Xenia, namun ia tetap memiliki AC + air circulator di semua tipe. Mungkin dengan penyesuaian penempatan blower AC agar dapat mengalirkan udara AC hingga baris ketiga.

5. Memiliki fitur kemanan yang cukup lengkap

Seperti Toyota Agya yang unggul dengan fitur safety-nya (kecuali ia tidak memiliki immoblizer), Toyota Calya memiliki fitur safety yang lengkap seperti: dual SRS airbag, ISOFIX, seatbelt 3 titik (termasuk penumpang tengah di baris kedua), sensor parkir, struktur bodi GOA, serta immoblizer + alarm. Kecuali tipe E STD, seluruh tipe dilengkapi ABS.

6. Fitur kenyamanan di baris pertama

Untuk kenyamanan di baris pertama, Toyota Calya memiliki head unit model double DIN yang bisa memainkan CD, koneksi USB, AUX, dan bluetooth (tipe G).

Desain dasbor masing-masing tipe Daihatsu Sigra (Foto: Otomotifnet)
Desain dasbor masing-masing tipe Daihatsu Sigra, kemungkinan juga diterapkan pada Toyota Calya (Foto: Otomotifnet)

Selain itu, Toyota Calya dilengkapi armrest depan, MID + ECO indicator, headrest yang terintegrasi dengan jok (seperti Agya-Ayla), setir berbahan urethane+ thumb rest, dan handbrake tipe lever (yang “bertuas transmisi” itu).

7. Fitur kenyamanan di baris kedua

Di baris kedua, Toyota Calya memiliki fitur yang tak dimiliki kompetitornya, seperti kursi baris kedua yang bisa digeser (sliding) dan direbahkan (relincing) serta dilipat hanya satu kali proses (one touch tumble) dengan pelipatan 60:40.

Inilah bagian dalam Sigra. Nampaknya sih cukup tebal kursinya. Tapi entahlah, kita tunggu saja nanti saat peluncurannya (Foto: Otomotifnet)
Inilah bagian dalam Sigra yang kemungkinan mirip juga dengan Toyota Calya. Nampaknya sih cukup tebal kursinya. Tapi entahlah, kita tunggu saja nanti saat peluncurannya (Foto: Otomotifnet)

Selain itu, dia juga memiliki power outlet 12 volt di baris kedua, power window di semua tipe, headrest terpisah, dan jok yang cukup tebal.

8. Eksterior

Bumper depannya berbentuk trapezoidal yang sesuai dengan bahasa desain “Keen Look”, lampu depan halogen berbentuk heksagonal, lampu belakang yang berbentuk horizontal sebagai reflektor, gagang pintu model tarik (sewarna bodi), aero stabilizing fin yang terletak di dekat spion dan samping lampu belakang.

Foto ini nampaknya diambil saat training wiraniaga (Foto: ariobimoo_)
Foto ini nampaknya diambil saat training wiraniaga (Foto: ariobimoo_)

Pada tipe G, Toyota Calya dilengkapi dengan grille beraksen chrome, foglamp, lampu sein + kaca spion elektrik.

9. Lain-lain

Selain beberapa hal di atas, ada poin-poin penting mengenai fitur Calya, yaitu memiliki antena bertipe short pole yang diletakkan di atap bagian belakang (bukan di pilar A), peredam kap mesin, hiasan chrome di foglamp dan airdam bagian bawah (tipe G), ground clearance 180 mm, velg alloy 14 inci dengan model twotone, bagasi luas (seukuran dengan Daihatsu Sigra pastinya, dengan klaim yang sama, muat 3 galon air), klaim muat 7 orang dengan nyaman karena memiliki dimensi yang lebih besar dan panjang dari kompetitornya.

10. Pilihan warna

Ada 6 warna Calya yang akan ditawarkan, yaitu:
Orange Metallic (sebagai “Hero color” untuk kepentingan promosi)
Grey Metallic
Silver Metallic
Red (Solid)
Black (Solid)
White (Solid)
Jadi ada 3 pilihan warna metalik dan 3 warna solid yang akan ditawarkan kepada calon konsumen.

11. Harga

Estimasi harga Toyota Calya (OTR Jakarta, dalam Rupiah):
G 1.2 AT : 149.500.000
G 1.2 MT: 137.500.000
E 1.2 AT : 145.000.000
E 1.2 MT: 132.000.000
E 1.2 MT STD : 129.200.000

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY