Pentingnya Menjaga Kebugaran Selama Perjalanan Mudik

Pentingnya Menjaga Kebugaran Selama Perjalanan Mudik

911
0
BERBAGI
(foto : Sigid Kurniawan)

Salah satu kekurangan saat Anda memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi adalah Anda harus mempersiapkan kondisi fisik semaksimal mungkin agar dapat mengendarai mobil dengan kondisi badan yang bugar. Sayangnya, banyak pengemudi tidak memperhatikan kondisi fisiknya saat perjalanan. Mereka terus saja memacu kendaraannya dengan maksud agar cepat sampai tujuan. Perjalanan panjang di jalanan yang sangat padat, bahkan mungkin macet bisa menguras banyak energi karena durasi perjalanan bisa molor hingga berjam-jam.

Saat mudik menggunakan mobil pribadi, pengemudi dan penumpang diharuskan untuk duduk dalam posisi yang sama dalam waktu berjam-jam, bahkan mungkin belasan jam. Menurut tenaga medis, keadaan ini bisa menyebabkan masalah saraf, walaupun kemungkinannya kecil sekali. Tetapi walau begitu,  kondisi ini tetap memiliki potensi untuk membuat saraf terjepit, selain itu, tidak ada masalah spesifik yang ditimbulkan.

Durasi Berkendara yang Ideal

Hal sederhana yang kadang diabaikan oleh pegendara adalah istirahat. Setelah berkendara selama berjam-jam, sebenarnya para pengendara sendiri sudah merasa lelah, tetapi kadang-kadang tetap memaksakan diri untuk berkendara. Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena orang berkendara dalam kondisi kelelahan dan tentu saja berpotensi menimbulkan kantuk.

Jangan pernah mengabaikan rasa lelah saat berkendara (Foto: Jogja,semberani)
Jangan pernah mengabaikan rasa lelah saat berkendara (Foto: Jogja,semberani)

Jangan pernah mengabaikan rasa lelah saat perjalanan, jika memang kondisi badan sudah tidak memungkinkan, carilah tempat beristirahat yang nyaman. Apalagi saat ini posko mudik sudah banyak, Anda bisa mencoba fasilitas-fasilitas yang biasanya dibuat oleh para produsen otomotif atau instansi lainnya. lumayan, Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

salah satu contoh posko mudik yang dibangun oleh Toyota (foto : otomotifmagz.com)
salah satu contoh posko mudik yang dibangun oleh Toyota (foto : otomotifmagz.com)

Beberapa orang memang kadang tidak terlalu peka untuk merasakan kelelahan, dan jika Anda tipe orang yang seperti ini, sebaiknya Anda menggunakan patokan jam sebagai ‘alarm’ untuk berhenti dan beristirahat. Bagi pengendara mobil, idealnya berkendara selama 4-5 jam saja, lalu berhenti untuk istirahat selama kurang lebih 30 menit. Jangan pernah bersikap egois dengan mementingkan diri sendiri. Ingat, ada penumpang yang Anda bawa, dan juga keluarga Anda menunggu di kampung halaman. Selamat menikmati perjalanan mudik, semoga Anda sekeluarga selamat sampai tujuan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY