Mobil Warna Putih Lebih Favorit, Harga Jual Lebih Mahal

Mobil Warna Putih Lebih Favorit, Harga Jual Lebih Mahal

10481
0
BERBAGI

Dalam dunia otomotif, pergeseran tren sudah biasa terjadi. Misalnya saja, dulu konsumen lebih memilih mobil dengan transmisi manual ketimbang otomatis. Tetapi saat ini telah mengalami pregeseran, tidak sedikit orang yang mau membeli mobil transmisi otomatis, karena lebih simpel dan tidak capek saat digunakan di tengah kemacetan. Sama halnya dengan pemilihan warna eksterior mobil. Bila dulu konsumen lebih suka warna silver, akhir-akhir ini sepertinya pilihan lebih berat ke mobil warna putih. Tidak hanya terjadi pada mobil baru, tapi hal ini juga terjadi dalam jual beli mobil bekas.

Bahkan saat ini harga mobil bekas berwarna putih sedikit lebih mahal ketimbang warna hitam dan silver. Misalnya, Toyota Avanza warna putih itu bisa lebih tinggi Rp 3 jutaan dibandingkan warna lain, sementara Innova warna putih bisa lebih mahal Rp 5 juta daripada Innova warna lainnya.

Trend Dunia

Tidak hanya di Indonesia, bahkan di Inggris sekalipun mobil berwarna putih telah mengalahkan silver sebagai pilihan utama pembeli mobil. Warna silver sudah kurang lebih sepuluh tahun menjadi pilihan utama pembeli mobil di Inggris, tapi kini posisi itu direbut warna putih. Warna putih dianggap lebih berkelas daripada warna-warna lainnya. Menurut periset harga kendaraan, CAP Automotive, warna putih sekitar lima persen lebih mahal nilai jual kembalinya dibandingkan warna lain. Kalau anda peduli tren, penampilan dan harga mobil, warna putih layak jadi pertimbangan. Karena tak sedikit pabrikan mobil baru mengeluarkan warna putih. Sebut saja Toyota, Mitsubishi, Honda, Chevrolet, Mazda, Suzuki sampai dengan mobil sekelas Daihatsu.

apakah benar trend warna putih ini dipicu oleh gadget yang diproduksi oleh Apple? (foto : macworld.co.uk)
apakah benar trend warna putih ini dipicu oleh gadget yang diproduksi oleh Apple? (foto : macworld.co.uk)

Secara industri, warna putih dua tahun belakang jadi selling point. Tapi ternyata tidak hanya di industri otomotif, semua industri sedang mengarah ke warna putih. Ada yang menyebutkan bahwa salah satu penyebab pergeseran warna favorit ini adalah karena ‘efek Apple’,  seperti yang kita tahu, iPhone dan gadget-gadget lain keluaran Apple kebanyakan berwarna putih dan tampil dengan bentuk minimalis.

Membalik Trend

Mobil putih saat ini membalik sejarah. Kalau dulu dihindari karena nilai jualnya jatuh, bahkan punya julukan minus, sekarang justru sebaliknya. Harga jualnya bahkan mengungguli mobil hitam dan silver yang selama ini paling laris di pasar mobil bekas. Dulu orang takut beli mobil putih, sedangkan beberapa tahun terakhir ini sebaliknya, banyak yang berminat, terutama dari kalangan anak muda.”

setiap pabrikan pasti membuat warna yang akan mereka andalkan, tetapi saat ini warna-warna itu tidak jadi populer (foto : mad4wheels.com)
setiap pabrikan pasti membuat warna yang akan mereka andalkan, tetapi saat ini warna-warna itu tidak jadi populer (foto : mad4wheels.com)

Warna-warna unik, termasuk yang dulu dipromosikan sebagai warna spesial pabrikan, saat ini justru terpuruk di pasar mobil bekas. Seperti warna gold, champagne atau hijau tua itu saat ini malah kurang diminati. Oranye yang dulu jadi bintang iklannya Nissan Livina, sekarang malah tidak populer dan harga mobil bekasnya bisa beda Rp 5-10 juta di bawah warna standar, hitam dan silver. Tetapi uniknya, banyak pedagang yang mengaku kalau kondisi ini tidak berlaku pada mobil kecil, apapun warna mobilnya, harga tetap sama.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY