Jalan Macet dan AC disetel Dingin Maksimal, Bahayakah?

Jalan Macet dan AC disetel Dingin Maksimal, Bahayakah?

1287
0
BERBAGI

Dalam suasana mudik lebaran maupun arus balik, Anda pasti akan mengalami macetnya jalanan dan panasnya cuaca di luar. Di saat seperti ini, banyak orang lalu memasang setelan AC di tingkat paling dingin. Namun, apakah perlakuan seperti ini terhadap AC mobil akan punya pengaruh?

Jika kita ingin kerja mesin dan kompresor pada AC mobil awet, maka tindakan itu sebaiknya dihindarkan. Kenapa? Karena mesin dan extra fan sedang bekerja keras mendinginkan mesin saat terjadi kemacetan dengan cuaca yang sangat panas. AC yang disetel ke tingkat paling dingin akan memperberat kinerja mesin, apalagi kabin yang memiliki double blower, cukup nyalakan satu AC saja.

Laju Kendaraan dan Setelan AC

Saat mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi seperti di jalan tol misalnya, sebaiknya AC juga disetel lebih ringan agar tidak memperberat kinerja mesin. Kadang orang berpikir bahwa mumpung jalannya kencang, maka bisa menyetel AC semaksimal mungkin.

Setelan AC sebaiknya pada pengaturan normal saja (Foto: Photobucket)
Setelan AC sebaiknya pada pengaturan normal saja (Foto: Photobucket)

Padahal, saat melaju kencang itu putaran mesin tinggi. Jika AC dimaksimalkan, maka kompresor AC akan mengikuti putaran mesin yang tinggi. Tidak heran jika Anda memperlakukan AC seperti ini, maka kompresor AC Anda akan cepat rusak. Setel AC Anda di pengaturan normal saja, tidak perlu terlalu dingin tetapi juga tidak panas.

Bersihkan AC Secara Berkala

Selain memperlakukan kompresor dengan baik, ada baiknya juga jika Anda rutin membersihkan AC. Jangan sampai saat perjalanan AC bermasalah, atau tidak bekerja dengan baik. Hal ini pasti akan merusak suasana perjalanan mudik Anda karena suhu kabin terasa panas. Jika mengalami kejadian di atas, AC yang kotor bisa menjadi penyebabnya. Seiring waktu, kotoran akan menumpuk di bagian luar komponen AC, yaitu evaporator dan kondensor. Kotoran berupa debu dan lumut ini menghalangi komponen tersebut bekerja maksimal, seperti mengubah freon panas menjadi dingin.

evaporator yang kotor akan menghambat kinerja AC (foto : lampost.com)
evaporator yang kotor akan menghambat kinerja AC (foto : lampost.com)

Evaporator kotor atau berlendir dapat menjadi penyebab hembusan angin melemah. Akibatnya kabin terasa gerah dan angin hanya terasa di ujung kisi-kisi saja, tidak sampai ke badan pengendara atau penumpang.  Untuk itu, diperlukan pembersihan secara menyeluruh menggunakan alat khusus, atau Anda juga bisa menggunakan jasa bengkel-bengkel AC.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY