Penting! Lakukan Perawatan Mobil Pribadi Setelah Mudik

Penting! Lakukan Perawatan Mobil Pribadi Setelah Mudik

680
0
BERBAGI
Periksa ulang mobil Anda pasca mudik (foto: car4)

Libur Lebaran telah usai, dan kita semua akan kembali disibukkan oleh rutinitas sehari-hari. Selain stamina tubuh, ada hal lain yang perlu diperhatikan setelah lama berkendara ke kampung halaman, yakni ‘kesehatan’ kendaraan pribadi Anda, terutama jika Anda adalah salah satu yang memilih kendaraan pribadi sebaga sarana mudik.

Sempatkanlah satu hari khusus untuk segera melakukan pengecekan ulang pada kendaraan pribadi Anda agar tetap nyaman digunakan setelah menempuh jarak jauh saat mudik kemarin. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal yang perlu Anda cek ulang agar kendaraan atau mobil pribadi Anda tetap prima.

 Eksterior dan Interior

Setelah melewati banyak daerah sepanjang perjalanan mudik dan berbagai kondisi alam, jangan lupa untuk segera membersihkan eksterior mobil Anda. Aneka rupa debu, tanah, sampai air sisa hujan yang menempel di bodi dan kaca wajib dicuci bersih.

Bersihkan mobil Anda yang biasanya akan kotor saat selesai mudik (Foto: )
Bersihkan mobil Anda yang biasanya akan kotor saat selesai mudik (Foto: 5starwash)

Tak hanya bagian luar saja, namun bagian interior pun perlu dibersihkan, terlebih mobil menjadi ‘rumah sementara’ Anda bersama keluarga selama mudik. Lakukan penyedotan debu, cuci karpet, dan hilangkan noda bekas makanan atau minuman jika ada yang tumpah di jok. Jika perlu, ganti parfum mobil Anda dengan yang baru agar aromanya kembali segar.

Mesin

Sebagai dapur pacu yang telah dipaksa untuk terus aktif sepanjang perjalanan mudik, pengecekan terhadap mesin jelas menjadi hal yang diharuskan. Periksalah kondisi mesin mobil Anda, apakah muncul gejala aneh seperti adanya suara-suara yang timbul atau timbulnya rembesan.

Lakukan pengecekan pada mesin jika timbul gejala tak biasa - roisulaskari
Lakukan pengecekan pada mesin jika timbul gejala tak biasa – roisulaskari

Jika Anda menemui gela-gejala seperti itu atau gejala lain yang tidak wajar, segeralah bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan.

Kaki-Kaki 

Tidak semua jalur mudik yang dilalui adalah jalanan beraspal mulus, apalagi jika Anda memilih untuk lewat jalur alternatif yang biasanya memiliki kontur jalan lebih variatif.

Pemeriksaan kaki-kaki mobil (Foto: Otocool)
Pemeriksaan kaki-kaki mobil (Foto: Otocool)

Kontur jalanan yang tak dapat diprediksi itu dapat mempengaruhi kondisi kaki-kaki mobil Anda, itulah sebabnya bagian kaki-kaki juga wajib Anda periksa kembali setelah tiba di rumah.

Kopling dan Kampas Rem

Seperti kita ketahui bersama, perjalanan mudik telah diidentikkan dengan kondisi macet dimana-mana. Apalagi jika Anda adalah salah satu pemudik yang sempat merasakan terjebak kemacetan parah di daerah Brebes kemarin.

Kampas rem (Foto: Kaskus)
Kampas rem (Foto: Kaskus)

Situasi macet dapat dipastikan membuat penggunaan rem jadi lebih intens. Itulah sebabnya Anda wajib melakukan pemeriksaan pada kopling dan kampas rem.

Saringan Udara

Kondisi jalanan yang tak terprediksi dan banyak dilalui kendaraan biasanya menghasilkan debu yang lebih parah dari saat-saat normal.

Bersihkan, atau ganti saringan udara jika sudah parah (Foto: breakerlink)
Bersihkan, atau ganti saringan udara jika sudah parah (Foto: breakerlink)

Oleh karenanya, Anda sebaiknya juga memeriksa saringan udara agar debu tidak mengganggu. Bersihkan, dan jika perlu gantilah dengan yang baru untuk hasil maksimal.

Tekanan Ban 

Tekanan ban tak hanya perlu dicek sebelum mudik, namun juga pasca mudik. Tekanan ban yang sesuai akan menghindarkan mobil dari terjadinya aquaplaning.

Kondisi ban perlu diperhatikan tekanannya (Foto: gordonstyres)
Kondisi ban perlu diperhatikan tekanannya (Foto: gordonstyres)

Selain tekanannya, pastikan juga Anda mengecek ketebalan kembang ban. Jika ditemukan adanya benjolan, segera ganti agar tak terjadi ban meletus saat sewaktu-waktu digunakan.

Cairan 

Ada sejumlah cairan di mobil yang harus Anda cek ulang selepas mudik, mulai dari air radiator, aki dan washer wiper. 

Isi ulang cairan-cairan penting di mobil pasca mudik (Foto: automedics)
Isi ulang cairan-cairan penting di mobil pasca mudik (Foto: automedics)

Cairan-cairan tersebut tentunya membantu Anda tetap nyaman dalam berkendara, oleh karenanya, segera tambahkan jika jumlahnya kurang dari batas minimum.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY