Aston Martin Bocorkan Rencana Produksi Hypercar Generasi Terbaru

Aston Martin Bocorkan Rencana Produksi Hypercar Generasi Terbaru

609
0
BERBAGI
(sumber : thedrive.com)

CEO Aston Martin, Andy Palmer, mengungkapkan pihaknya akan memproduksi generasi terbaru hypercar dari model AM-RB 001. Peluncuran AM-RB 001 yang menjadi awal konsep supercar tercepatnya, kemudian akan dikembangkan menjadi model AM-RB 002. Bahkan Orang nomor satu Aston Martin ini juga mengatakan akan meluncurkan AM-RB hingga 007 yang rencananya bisa digunakan dalam film ‘James Bond’.

Hypercar tersebut dikabarkan hanya akan diproduksi sebanyak 99 unit di seluruh dunia. Meski Aston Martin sendiri masih menutup rapat teknologi yang akan dibenamkan pada AM-RB 001, namun supercar tersebut diklaim setara dengan kekuatan mobil balap F1. Mobil ini akan menjadi proyek pertama kerjasama antara Aston Martin dan Red Bull. Kerjasama ini diklaim mendekati ideal, karena bisa meleburkan kekuatan. Mereka mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan kerjasama yang adil karena porsi kerja masing-masing pihak seimbang.

Mesin V12 Naturally Aspirated

Hypercar AM-RB 001 akan menggunakan mesin V12 NA yang menghasilkan tenaga sebesar 1.000 hp. Generasi mesin ini berbeda dengan mesin yang diusung pada DB11, dengan twin turbo 5200 cc, mesin itu dikatakan tidak pas untuk dipasangkan pada AM-RB 001. Mesin generasi terbaru ini dikatakan akan bisa mencapai angka 11.000 RPM.

proyek kerjasama Aston Martin dan Red Bul untuk pertama kalinya (sumber : thedrive.com)
proyek kerjasama Aston Martin dan Red Bul untuk pertama kalinya (sumber : thedrive.com)

Seluruh bodi dirancang menggunakan bahan serat karbon dengan total berat hanya mencapai 1.000 kg. Tetapi walaupun berbobot ringan, mobil ini diklaim tidak akan ‘terbang’ karena mempunyai rancangan aerodinamika yang baik, yang akan menjaga mobil ini tetap ‘lengket’ di aspal jalan.

Tidak Keberatan Disamakan dengan Serangga

Demi mengejar bentuk yang aerodinamis, mobil-mobil sport maupun supercar biasanya memiliki bentuk yang kurang wajar. Jika dilihat kadang-kadang memang aneh dan jika boleh dibilang, bentuknya biasanya malah lucu. Begitu juga dengan AM-RB 001 ini. Aston Martin tidak keberatan jika Anda menjuluki bentuknya seperti serangga.

bentuknya terlihat seperti kecoa, ceper, simpel, dan mengkilat (sumber : thedrive.com)
bentuknya terlihat seperti kecoa, ceper, simpel, dan mengkilat (sumber : thedrive.com)

Mereka lebih mengutamakan desain aerodinamika dan detail airflow sebaik mungkin. Aston Martin mengharapkan bentuk seperti ini dapat memberikan performa terbaik dari segi beban, dan aerodinamika. Walaupun Aston Martin belum membocorkan harga resminya, tetapi ada sumber yang mengatakan bahwa mobil ini akan dijual seharga kurang lebih 1 juta Poundsterling.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY