Menebak Konsumsi BBM Toyota Calya

Menebak Konsumsi BBM Toyota Calya

5059
2
BERBAGI
Toyota Calya segera meluncur di Indonesia (Foto: @dhonyfputra)

Toyota dalam waktu dekat ini akan meramaikan pasar mobil LCGC (Low Cost Green Car) berjenis MPV 7-penumpang melalui produk terbarunya, Toyota Calya. Sejumlah bocoran informasi mengenai mobil ini telah banyak beredar, baik eksterior, interios, maupun detail teknis dan harganya.

Sebagai mobil yang bermain di pasar LCGC, Toyota Calya dipastikan menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc, kapasitas maksimal yang diperbolehkan untuk mobil jenis LCGC. Seperti telah kita ketahui bersama, mobil LCGC rata-rata dikenal karena keiritan konsumsi bahan bakarnya. Lalu, seberapa iritkah mobil ini nantinya saat sudah beredar di jalanan?

Mesin 3NR-VE dengan Dual VVTi

Sebelum muncul bocoran mengenai spesifikasi mesin, banyak kalangan memprediksi bahwa Calya akan menggunakan mesin yang sama dengan Etios Valco, yakni mesin 1.200 cc berkode 3 NR-FE. Mesin Etios tersebut memiliki tenaga 80 hp dengan torsi puncak 104 Nm. Di atas kertas, konsumsi bbm Etios Valco dengan mesin tersebut adalah 1:18 liter/km.

Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco batal dipinjamkan pada Calya? (Foto: Kaskus)
Mesin 3NR-FE kepunyaan Etios Valco batal dipinjamkan pada Calya? (Foto: Kaskus)

Saat ini, setelah spesifikasi Toyota Calya banyak beredar, baru diketahui bahwa mesin yang digunakan adalah mesin 1.200 cc Dual VVTi empat silinder segaris dengan kode 3NR-VE yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 hp dan torsi 107 Nm. Melihat spesifikasi ini, maka kami memprediksi konsumsi BBM Calya tak jauh berbeda, walaupun dapat dipastikan lebih irit berkat teknologi Dual VVTi.

Wajib Pertamax

Merujuk pada peraturan LCGC yang mensyaratkan mobil memiliki konsumsi BBM 1:20 untuk mendapat potongan pajak, maka kami rasa Calya mampu mencatatkan angka konsumsi BBM pada kisaran 1:20-21 liter/km. Namun yang perlu dicatat adalah jenis BBM yang diwajibkan bagi mobil LCGC adalah Pertamax, sehingga Anda tak boleh sembarangan mengisinya dengan Premium atau Pertalite jika tak ingin garansinya hangus.

Yuk kita intip eksterior dan interior Toyota Calya yang siap meluncur ini! (Foto: @dhonyfputra)
Toyota Calya rasanya mampu memberikan konsumsi BBM yang irit, setidaknya pada angka 1:20 km/liter (Foto: @dhonyfputra)

Selain perkara garansi, Pemerintah memang mensyaratkan mobil LCGC untuk mengkonsumsu BBM Pertamax. Oleh sebab itu pabrikan telah mengatur frekuensi dentumen silinder memakai standar Pertamax. Akibatnya, jika Anda mengisikan BBM jenis Premium, maka mesin akan sering mengalami kekurangan tenaga karena timing pembakaran mesin berbeda dengan timing pembakaran bahan bakar. Jadi, meski mobilnya terbilang murah, bahan bakarnya tetap tidak boleh murahan ya!

2 KOMENTAR

  1. suspensi sama perkeong calya belakang terlalu lembut ketika diisi peenumpang ful,ada ssuasra jeduk,jeduk kemungkinan perkeong mentok,toyota blm ada solusi

LEAVE A REPLY