Pentingnya Memanaskan Mesin Mobil

Pentingnya Memanaskan Mesin Mobil

1167
0
BERBAGI

Memanasi mesin kendaraan baik mobil ataupun motor sebelum dipakai, bagi kita sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Kebiasaan ini sudah turun-temurun diwariskan oleh pendahulu kita, karena memang ada beberapa mesin teknologi lawas yang harus dipanaskan sekian lama dulu agar bisa digunakan untuk berjalan.

Tetapi teknologi yang tersemat pada mobil jaman sekarang tentu membuatnya semakin praktis dalam penggunaan. Terlebih untuk mobil yang sudah mengusung teknologi injeksi. Tetapi walau begitu, mesin mobil tetap harus dipanaskan sebentar sebelum dipakai jalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sistem injeksi dan kelistrikannya bekerja dengan baik.

Cara Memanaskan Mobil yang Baik

Saat ini memang masih banyak pemilik kendaraan yang salah kaprah saat memanaskan mesin mobil. Pada kondisi pagi hari, biasanya mobil istirahat lumayan lama karena semalaman tidak digunakan, otomatis mesin masih dingin dan oli masih mengendap di bagian bawah mesin. Sebelum mulai menyalakan mesin, beri jeda waktu kurang lebih tiga detik saat kunci berada di posisi kontak, biarkan pompa bensin bekerja dahulu mengantarkan bensin ke ruang injeksi. Sedikit waktu ini juga sudah cukup untuk menormalkan sistem kelistrikan mobil. Jangan langsung mengontak dan menghidupkan mesin jika semalamam mesin mati, aki bisa rawan tekor. Hal ini juga berlaku pada mesin dengan sistem karburator, dengan ditambahkan mengocok pedal gas beberapa kali agar bensin sedikit keluar ke karburator, jadi lebih mudah saat menghidupkan mesin. Saat akan memanasi mobil, pastikan AC mobil Anda dalam keadaan mati, agar memperingan kerja mesin dan tidak cepat terjadi kerusakan komponen AC.

sebelum menyalakan mesin, posisikan kunci pada keadaan mengontak selama kurang lebih 3 detik (foto : indonesiautoblog.com)
sebelum menyalakan mesin, posisikan kunci pada keadaan mengontak selama kurang lebih 3 detik (foto : indonesiautoblog.com)

Tidak perlu memanaskan mesin mobil terlalu lama, cukup lima menit saja, agar oli tidak dingin dan bisa mengalir naik melumasi seluruh komponen mesin. Bisa juga melihat indikator temperatur yang tersedia pada speedometer. Dari langkah awal, setelah kita hidupkan mesin untuk mencapai kondisi mobil siap digunakan, yaitu ketika pada indicator temperature sudah menunjukkan posisi minimal sepertiga dari jarum temperatur, ini berarti mobil sudah siap untuk berjalan. Saat memanaskan mobil jangan langsung menginjak gas, biarkan saja mobil hidup dalam keadaan stasioner atau idle atau konstan.

Manfaat Memanaskan Mobil

Jika Anda secara rutin merawat dan memanaskan mobil sebelum dipakai, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Beberapa diantaranya adalah menghindari keausan mesin. Saat keadaan mesin mobil mati semalaman, maka oli bakal berkumpul di bak penampungan. Dengan dilakukannya pemanasan mobil dulu sebelum saat dipakai, oli mesin dan gearbox bisa menyebar keseluruh komponen mesin, hingga gesekan pada komponen mesin yang kering bisa terhindari.

posisi oli saat mengendap karena mesin dimatikan semalaman (sumber : danialmandala.blogspot.com)
posisi oli saat mengendap karena mesin dimatikan semalaman (sumber : danialmandala.blogspot.com)

Memanaskan mobil sebelum dipakai juga bisa menghemat bahan bakar mobil. Karena keadaan mesin mobil yang telah panas konstan bisa menyebabkan pembakaran bahan bakar jadi lebih optimal, hingga konsumsi bahan bakarpun bisa lebih hemat serta prima. Tetapi jika terlalu lama memanaskan mesin mobil malah bisa membuat bahan bakar jadi lebih boros. Semoga tips-tips di atas bisa berguna, jika Anda mempunyai beberapa tips tambahan, silahkan tulis di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY