Ini Upaya India dan Sejumlah Negara Lain Untuk Bebas dari Polusi Kendaraan

Ini Upaya India dan Sejumlah Negara Lain Untuk Bebas dari Polusi Kendaraan

701
0
BERBAGI
Polusi di kota New Delhi, Inda telah sedemikian parahnya (Foto: The Guardian)

Sebagai salah satu negara terpadat di dunia, India menghadapi masalah yang tak jauh berbeda dengan negara-negara serupa: tingkat polusi yang melebihi ambang batas. Jika kondisi seperti ini dibiarkan, kesehatan warga menjadi taruhannya. Oleh sebab itulah Pemerintah India terus bergelut dalam upaya mencari jalan keluar dari permasalahan polusi kendaraan yang menghantui negaranya bertahun-tahun ini.

New Delhi sebagai ibu kota India menjadi salah satu kota yang tengah berperang dengan polusi udara. Sebagai informasi, kota ini bahkan menyandang predikat sebagai kota urutan kesebelas yang paling polusif di dunia menurut World Health Organization (WHO). Itulah sebabnya Pemerintah India akan mencoba untuk memerangi polusi udara mulai dari kota ini.

Pelarangan Mobil Bermesin Diesel dan Regulasi Lainnya

Untuk memulai peperangannya terhadap polusi udara, Pemerintah New Delhi telah mengeluarkan larangan terhadap mobil bermesin diesel untuk melintasi pusat kota. Lebih lanjut, Pemerintah setempat berencana mengeluarkan regulasi mengenai masa pakai kendaraan.

Selain melarang mobil diesel, STNK mobil diesel juga tak bisa diperpanjang (Foto: India Today)
Selain melarang mobil diesel, STNK mobil diesel lebih dari 10 tahun operasi juga tak bisa diperpanjang (Foto: India Today)

Menurut rencana, mobil bermesin diesel yang  telah berusia pakai lebih dari 10 tahun akan dihentikan dengan cara tidak diberi izin memperpanjang STNK. Dengan regulasi ini, diharapkan kendaraan bermesin diesel akan berkurang drastis sehingga polusi udara yang ditimbulkan ikut menurun dari sebelumnya.

Target Baru: Kendaraan Listrik Sebagai Solusi

Selain ‘mematikan’ mobil bermesin diesel, Pemerintah India melalui Menteri Negara dengan Kemandirian Tenaga, Batu Bara, dan Energi Terbarukan India, Piyush Goyal, menargetkan sebuah wacana baru: membuat semua kendaraan yang ada di India akan sepenuhnya berteknologi listrik pada 2030. Target ini melengkapi rencana sebelumnya yang menargetkan jumlah populasi kendaraan hybrid dan listrik akan mencapai 7 juta unit pada 2020.

Pemerintah India menargetkan kendaraan listrik sebagai solusi jangka panjang (Foto: Financialexpress)
Pemerintah India menargetkan kendaraan listrik sebagai solusi jangka panjang (Foto: Financialexpress)

Guna mewujudkan target tersebut, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan di sektor industri dengan memberikan keringanan finansial bagi pabrikan otomotif yang mau mengembangkan produksi kendaraan listrik dan kesiapan infrastrukturnya di India. Pemerintah India juga telah mengkampanyekan keuntungan dari membeli kendaraan listrik kepada masyarakat.

Melihat Kebijakan Serupa di Negara Lain

Tak hanya India yang menerapkan sejumlah peraturan untuk mengurangi tingkat polusi di negaranya, karena sejumlah negara besar lainnya juga mempunyai kebijakannya masing-masing. Sebagai contoh, Pemerintah kota Paris di Perancis sudah mengeluarkan larangan beroperasi untuk mobil produksi 1997 mulai bulan ini. Targetnya, tingkat emisi harus berkurang sampai 75 persen pada 2050. Selain itu, barangsiapa yang memaksa mengendarai mobil ke pusat kota, akan ditilang.

Mobil dibawah tahun 1997 akan dilarang beroperasi di jalanan Paris, Perancis (Foto: Lifegate)
Mobil dibawah tahun 1997 akan dilarang beroperasi di jalanan Paris, Perancis (Foto: Lifegate)

Kebijakan nyaris serupa juga diterapkan di London, Inggris, dimana Pemerintah setempat menerapkan harga khusus bagi kendaraan yang melintasi beberapa jalan utama di pusat kota. Lebih lanjut, Pemerintah London akan mengeluarkan regulasi yang mengharuskan pengguna kendaraan dengan emisi di bawah Euro IV membayar denda tambahan jika melintasi jalan itu.

Peta Ultra Low Emission Zone di Inggris (Foto: tfl UK)
Peta Ultra Low Emission Zone di Inggris (Foto: tfl UK)

Lain lagi dengan Pemerintah kota Beijing di China yang akan menerapkan regulasi ketat mengenai batas emisi kendaraan dengan tujuan mengurangi emisi sebanyak 20 persen. Kebijakan yang dimaksud terkait dengan kandungan sulfur pada kendaraan niaga ringan.

Pemerintah Beijing di China juga akan menetapkan regulasi khusus untuk menangani polusi udara (Foto: on.net)
Pemerintah Beijing di China juga akan menetapkan regulasi khusus untuk menangani polusi udara (Foto: on.net)

Lalu bagaimana dengan negara kita? Selama ini Jakarta dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang memiliki polusi tak kalah tingginya. Untuk saat ini, masih belum ada wacana khusus yang mungkin direalisasikan. Pertanyaannya, akan sampai kapan?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY