Positif Hadir di GIIAS 2016, Suzuki Indonesia Buka Pemesanan Jimny?

Positif Hadir di GIIAS 2016, Suzuki Indonesia Buka Pemesanan Jimny?

1142
0
BERBAGI
Suzuki Jimny

Setelah sempat bingung untuk memutuskan apakah akan membawa Jimny ke event GIIAS 2016, Suzuki kali ini sudah memastikan akan membawa Jimny ke Indonesia dan memamerkannya pada ajang GIIAS 2016. Momen ini menjadi kemunculan perdana model ikonik Suzuki ini di Indonesia, setelah 11 tahun generasi terakhir Jimny dipasarkan pada 2005.

Kehadiran Jimny di Indonesia ini sepertinya menjadi tanda yang dibuat oleh Suzuki untuk kembali memasarkannya di pasar domestik. Walaupun dihadirkan saat GIIAS 2016 nanti, sosok sport utility vehicle (SUV) kompak ini hanya menjadi barang pamer dan belum resmi dijual. “Jimny akan hadir, tapi hanya pamer bukan untuk diluncurkan,” ucap Donny Saputra, Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales. Mereka sepertinya masih ingin menjajaki dulu seberapa besar ketertarikan konsumen terhadap compact SUV ini.

Belum Resmi Meluncur, tapi Bisa Dipesan

Gelaran GIIAS 2016 nanti memang hanya menjadi ruang pamer dan survey kecil-kecilan bagi Suzuki terkait akan dipasarkannya Suzuki Jimny di Indonesia. Suzuki Indonesia memang belum resmi meluncurkan Jimny untuk dipasarkan di Indonesia, tetapi meski belum resmi meluncur, Suzuki tetap menerima jika ada konsumen atau pengunjung pameran yang mau pesan.  “Kalau mau pesan dan inden silakan saja, tapi kami tidak janji kapan unitnya akan hadir. Untuk harga juga kami tidak bisa rinci karena masih dibahas,” kata Donny.

akankah compact SUV ini menarik minat banyak konsumen di Indonesia? (foto : mostreliablecarbrands.com)
akankah compact SUV ini menarik minat banyak konsumen di Indonesia? (foto : mostreliablecarbrands.com)

Untuk perbandingan harga, Donny membuat perkiraan dengan perbandingan harga di Importir Umum (IU). IU mematok harga sekitar Rp 500 – 600 juta untuk Suzuki Jimny ini, tetapi di Suzuki Indomobil Sales akan lebih murah karena melalui jalur resmi Suzuki. Perbedaan harganya bisa sampai 20-30 persen lebih murah. Jadi mungkin harga Suzuki Jimny setelah resmi beredar di Indonesia nanti berkisar antara Rp 350 juta – 480 juta. Hmm… Sepertinya masih terasa agak mahal ya untuk ukuran compact SUV Seperti ini.

Dikirim dalam Bentuk CBU

Salah satu faktor yang mempengaruhi mahalnya perhitungan harga Suzuki Jimny di Indonesia adalah karena mobil ini akan diboyong utuh (completely buiilt up/CBU) dari Jepang, jadi mau dirancang seperti apapun, harga jualnya tetap akan mahal. Tetapi ada kabar yang bisa sedikit melegakan Suzuki Indonesia, karena ada gosip yang beredar bahwa Jimny juga akan diproduksi di India untuk pasar lokal, Indonesia, dan Brazil, maka diharapkan harga jual di Indonesia pun bisa lebih terjangkau.

sepertinya mobil ini lumayan juga buat diajak main tanah (foto : carmagazine.co.uk)
sepertinya mobil ini lumayan juga buat diajak main tanah (foto : carmagazine.co.uk)

Di negara asalnya, Jimny dibekali mesin bensin M13A, 1.3 liter VVT, dengan penggerak empat roda (4WD). Mesin ini bertenaga 83 hp dan torsi 110 Nm. Awalnya, rencana kehadiran Jimny kembali ke Indonesia karena ada permintaan dari perusahaan pertambangan dan perkebunan (fleet market / borongan), tetapi kemudian Suzuki Indomobil Sales merasa sayang jika hanya memboyong model ini untuk segmen komersial, lebih baik Jimny juga disediakan untuk para konsumen umum. Terutama mereka penggemaroff-road, tetapi tidak mau punya mobil bongsor melainkan karakter kompak dan slim.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY