Empat Jenis Sistem Penggerak Roda pada Mobil

994
0
BERBAGI

Setiap jenis dan merk mobil mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Mulai dari bentuk eksterior, konstruksi mesinnya, hingga pada sistem penggerak rodanya. Perbedaan ini dibuat oleh pabrikan tentu saja mempunyai tujuan yang berbeda pula. Di Otostop kali ini kami akan membahas empat jenis penggerak roda mobil yang umumnya ada pada mobil-mobil di sekitar kita.

Front Engine Front Drive  

Maksud dari istilah ini adalah mesin berada di bagian depan mobil dan hanya roda depan yang digerakkan oleh mesin. Roda belakang hanya berputar mengikuti saja, tidak mendapat tenaga dari mesin. Penggerak roda seperti ini biasanya digunakan untuk mobil dengan beban ringan seperti sedan, small MPV atau city car.

Front Engine Rear Drive

Penggerak roda model ini memposisikan mesin di bagian depan mobil dan menggerakkan roda belakang. Dua roda depan hanya mengikuti putaran saja, juga berfungsi sebagai pengendali arah mobil. Model penggerak seperti ini umumnya digunakan untuk kendaraan dengan beban besar seperti MPV besar, SUV, truk maupun kontainer. Model penggerak ini juga digunakan pada mobil-mobil klasik dan juga sedan sport.

Rear Engine Rear Drive

Mobil dengan sistem ini mesinnya terletak di bagian belakang mobil yang menggerakkan roda belakang. Tipe ini hampir sama dengan front engine rear drive, namun posisi yang berbeda. Sistem ini kebanyakan digunakan untuk bus, walaupun ada juga beberapa yang menggunakan tipe penggerak front engine rear drive.

Four Wheels Drive

Anda pasti sering melihat emblem bertuliskan kalimat ini di bagian belakang mobil SUV klasik. Angka empat pada istilah tersebut merujuk pada dua roda depan dan dua roda belakang. Jadi roda pada mobil ini semuanya digerakkan oleh mesin. Mobil yang menggunakan sistem ini biasanya mobil-mobil SUV atau lebih akrab kita sebut jip, yang tentu saja biasa diajak untuk bermain di medan off-road.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY