Editorial of the Month : Pokemon Go VS Keselamatan Berkendara

663
0
BERBAGI

Sedikit berbeda dari biasanya, kali ini kita akan membahas sesuatu yang sedang populer dan ramai diperbincangkan: Pokemon Go. Berhubung Ototaiment adalah media otomotif, maka kami akan mengangkat tema Pokemon Go VS Keselamatan Berkendara.

Apa Itu Pokemon Go? Kenapa Begitu Booming?

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Pokemon Go, ini adalah sebuah game bergenre Augmented Reality yang menyatukan dunia maya dan dunia nyata. Game ini dibuat oleh Niantic Labs, dan sementara ini baru beberapa negara seperti Amerika Serikat, Eropa, Australia dan New Zealand yang sudah mendapatkan game ini secara resmi. Jadi sebelum game ini dirilis resmi di Indonesia, kami tidak menyarankan kalian untuk menginstallnya melalui APK yang beredar di internet, karena besar kemungkinan terselip malware yang berbahaya untuk gadget kalian.

Salah satu hal yang membuat Pokemon Go booming adalah cara bermainnya yang tak seperti game kebanyakan, dimana pemain biasanya hanya duduk menghadap konsol game lalu bermain. Pokemon Go mengharuskan pemainnya berkeliling untuk memburu para Pokemon. Banyak sekali cara yang dilakukan orang untuk berburu Pokemon, mulai dari sekedar berjalan kaki, naik sepeda, hingga yang paling keren seperti cara Salomondrin: naik Porsche 918 Spyder!

Kontroversi Pokemon Go

Sayangnya, banyak pula muncul berita negatif seputar game ini akibat pemainnya yang terlalu asyik sampai mengabaikan lingkungan sekitarnya. Mulai dari kasus penodongan, terjatuh dari tebing, menemukan mayat, maupun kecelakaan karena memainkan game ini sambil menyetir mobil.

Oleh sebab itulah telah muncul banyak reaksi menentang game ini. Beberapa wilayah di negara yang telah mendapatkan game ini secara resmi telah mengeluarkan imbauan dan peringatan untuk tidak menyetir sambil bermain Pokemon Go. Sedangkan di Indonesia sendiri, Komisi 1 DPR RI bahkan sampai memanggil Menteri Komunikasi dan Informasi untuk membahas game ini. Wah!

Jadi, Seberbahaya Itukah Game Ini?

Ya, jika kalian memainkannya sambil menyetir ataupun mengabaikan kondisi lingkungan sekitar.

Kenapa berbahaya?

Pertama,  tak ada istilah multitasking dalam mengemudi. Mengemudi adalah kerja sistematis anggota badan mulai dari otak, mata, tangan dan kaki untuk berkoordinasi sehingga kalian dapat mengemudi dengan baik dan benar. Bermain game sambil mengemudi jelas memecah konsentrasi dan mengacaukan koordinasi tubuh dengan mobil. Jadi jika kalian merasa berburu Pokemon dengan mobil akan lebih nyaman dan aman, lalu memutuskan untuk berkeliling, mengemudikan mobil sambil berburu Pokemon, maka kalian sudah tergolong cari masalah.

Kedua, kalian mempertaruhkan keselamatan. Tidak hanya keselamatan diri sendiri, namun juga keselamatan orang lain. Saat bermain Pokemon Go, kita cenderung fokus pada layar gadget untuk memantau pergerakan Pokemon di sekitar kita. Secara tidak langsung, fokus kita pada keadaan sekitar akan berkurang, sehingga selain bisa mencelakakan diri kita sendiri, juga bisa mencelakakan orang lain akibat kelalaian kita.

Ketiga, Kalau kalian sudah memiliki SIM dan mendapatkannya secara sah dan legal, itu artinya kamu sudah dianggap cukup dewasa dan paham aturan berlalu lintas. Jadi kalian seharusnya sadar dan tahu bahwa mengemudi sambil bermain game itu salah.

Sudah ada beberapa contoh kecelakaan mobil yang diakibatkan karena pengemudinya menyetir sambil bermain Pokemon Go. Berita kecelakaan yang terbaru datang dari Amerika Serikat, tepatnya di Baltimore. Seorang pria yang mengemudikan toyota RAV4 terekam kamera menabrak mobil polisi yang sedang diparkir di pinggir jalan. Setelah polisi mendatangi dan memeriksa keadaan, pria pengemudi SUV itu diketahui sedang menyetir sekaligus bermain Pokemon Go! Sial banget nggak sih? Gara-gara Pokemon Go jadi nabrak mobil polisi?

Kami membuat editorial ini bukan karena kami anti Pokemon Go, tapi karena kami peduli pada keselamatan kalian dan ingin kalian juga peduli pada keselamatan orang lain. Maka, bermainlah dengan aman bagi diri anda dan juga orang lain.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY