Power Steering Bermasalah, Toyota Recall 86

Power Steering Bermasalah, Toyota Recall 86

563
0
BERBAGI

Toyota mengumumkan penarikan mobil sport-nya, Toyota 86, karena disinyalir rawan masalah pada bagian power steering. Mobil yang ditarik adalah Toyota 86 dengan setir kanan, salah satunya ada di Australia. Sebanyak 15.000 unit Toyota 86 di Australia keluaran April 2012 sampai Maret 2015 terpaksa ditarik karena hal ini.

Bagaimana dengan Indonesia, apakah ada penarikan juga? Toyota Indonesia mengaku sudah mendapatkan informasi dari Jepang soal recall ini. “Prinsipal TMC (Toyota Motor Corp) telah memberikan informasi terkait hal ini dan sekarang kami sedang berkoordinasi dengan prinsipal untuk mendapatkan konfirmasi status 86 yang dipasarkan di Indonesia. Kami beri kabar lebih lanjut,” ujar PR Manager PT Toyota-Astra Indonesia Rouli H Sijabat.

Hanya yang Setir Kanan

Kenapa recall ini hanya berlaku untuk Toyota 86 yang setir kanan saja? Menurut pihak TMC, Toyota 86 setir kanan yang dilengkapi dengan airbag pelindung lutut pengendara, layout wire harness power steering-nya tidak sempurna, sehingga ada kemungkinan steering harness power steering akan bersentuhan dengan panel instrumen yang berisi airbag untuk lutut pengendara.

recall hanya diperuntukkan bagi Toyota GT86 setir kanan (foto : cardailynews.com)
recall hanya diperuntukkan bagi Toyota GT86 setir kanan (foto : cardailynews.com)

Hal ini bisa memunculkan kontak listrik yang mengakibatkan power steeering menjadi kehilangan tenaga. Lampu peringatan bisa muncul di dashboard. Sebagai perbaikan, pihak Toyota akan mengganti ECU untuk power steering dan wire harness-nya. Kita tunggu saja berita selanjutnya, apakah Toyota Indonesia akan melakukan penarikan juga atau tidak terhadap unit 86 di Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY