Review Toyota All New Sienta 2016 Tipe V

1578
0
BERBAGI

Setelah sebelumnya kami berkesempatan untuk mengulas eksterior dan interior dari All New Toyota Sienta di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bulan April lalu, kali ini giliran performa dan impresi berkendaranya yang akan kami bahas.

MPV pesaing Honda Freed tersebut menawarkan sejumlah hal yang tak dimiliki oleh rivalnya. Dengan kata lain, All New Toyota Sienta dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah MPV yang nyaman bagi keluarga.

Impresi Kabin dan Impresi Berkendaranya

Unit test drive yang kami jajal kali ini adalah tipe V transmisi CVT, bukan tipe Q yang menjadi lini tertinggi di All New Sienta. Saat memasuki kabinnya, kami cukup terkesan dengan aura kabinnya yang terasa segar dan modern. Posisi duduk juga dapat diatur sesuai postur tubuh berkat adanya tuas height adjuster di sebelah kanan bawah jok pengemudi. Sayangnya, pengaturannya masih manual.

Berhubung bukan tipe tertinggi, pada lingkar kemudinya hanya terdapat pengaturan audio saja tanpa pengaturan MID seperti yang bisa Anda jumpai di tipe Q. Head unit yang digunakan pada tipe V ini berukuran 7 inci dengan layar sentuh yang dapat mengoperasikan sejumlah konektifitas, termasuk adanya fitur mirroring. Untuk kenyamanan

Ketika memulai tes untuk berkendara, kami agak menyayangkan letak tuas persneling yang agak terlalu rendah peletakannya. Sebagai informasi, Sienta yang dipasarkan di Jepang mendapatkan tuas persneling yang letaknya di dasbor, seperti pada Honda Freed. Menurut pihak Toyota Indonesia, pengendara di Indonesia kurang familiar dengan model tuas seperti di Sienta Jepang, sehingga memilih untuk meletakkannya seperti tuas persneling konvensional. Menurut kami alasan ini agak aneh, mengingat Toyota Calya yang baru meluncur saja tuas persnelingnya ada di dasbor.

Saat menginjak pedal gas, kami merasakan sedikit ada kedodoran alias kurang responsif khas transmisi CVT pada awalnya. Namun itu semua menghilang setelah mencapai RPM tertentu. Jika Anda merasa akselerasinya kurang, ubah saja pada mode manualnya yang bisa dioperasikan hingga 7-percepatan.

All New Sienta menggunakan mesin berkode 2NR-FE 1.500 cc dengan dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104 HP. Ada sejumlah keuntungan dengan pemakaian mesin ini, terutama karena mesin tersebut lebih ringan berkat material alumunium yang digunakannya. Teknologi dual VVT-i juga membuat kita lebih optimis dengan keiritan bahan bakarnya.

Salah satu hal lain yang membedakan Sienta versi Indonesia dengan versi Jepang adalah ketinggian ground clearance-nya. Sienta versi Indonesia didesain lebih tinggi sekitar 2 cm. Hal ini nampaknya dikarenakan sifat jalan di Indonesia yang kerap kali berkontur tidak ramah. Dengan bertambahnya tinggi mobil,diharapkan Sienta lebih lihai dalam melibas beragam jenis medan jalan. Sayangnya, bertambahnya ground clearance turut berakibat pada body roll mobil ini. Namun kami masih menganggapnya wajar, terutama karena mobil MPV memang tidak ditujukan untuk keperluan performa.

Bantingan suspensi All New Sienta juga tergolong empuk, membuat penumpang di dalam kabin tetap merasa nyaman. Meskipun nyaman, kami masih tetap menyayangkan bangku baris ketiganya yang tidak ramah orang dewasa, apalagi pada sandarannya yang terbilang tipis. Kekedapan kabin Sienta juga cukup baik karena mampu meredam suara bising dari luar.

Kesimpulan

All New Sienta jelas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah mobil MPV dengan citarasa yang modern. Dijual dengan harga Rp 230 – 295 juta on the road Jabodetabek, Anda dapat memilih Sienta yang sesuai dengan kapasitas budget dan kebutuhan Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY