Suzuki SX4 S-Cross Resmi Diluncurkan

Suzuki SX4 S-Cross Resmi Diluncurkan

1243
0
BERBAGI
Suzuki SX4 S-Cross resmi diluncurkan (Foto: Ototaiment)

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membawa beberapa kejutan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang dibuka hari Kamis, 11 Agustus 2016. Mengusung tema “Urban Sport”, SIS menampilkan Ignis, Vitara Brezza dan Jimny sebagai model referensi yang menunjukkan kepiawaian Suzuki di segmen compact SUV. Kehadiran Baleno terbaru yang berjenis compact hatchback  juga kian meramaikan booth Suzuki.

Dari sekian produk yang dibawanya, ada satu nama yang penampilannya di GIIAS kali ini cukup dinanti. Apa lagi kalau bukan SX4 S-Cross, sang penerus SX4 X-Over yang dikenal sebagai crossover pertama yang diperkenalkan di Indonesia. Lantas, apakah keunggulan mobil ini sehingga Suzuki mengaku percaya diri dengan peluncurannya?

Eksterior

Sebagai sebuah mobil yang bermain di segmen crossover, Suzuki SX4 S-Cross sebenarnya tidak menawarkan sesuatu yang baru. Desainnya khas crossover yang memiliki dimensi cukup kompak, yakni dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.590 mm (termasuk dengan roof rails).

Desain SX4 S-Cross terbilang biasa dan kurang berani (Foto: Ototaiment)
Desain SX4 S-Cross terbilang biasa dan kurang berani (Foto: Ototaiment)

Grille hadir dengan desain dua bilah krom melintang yang diapit sepasang lampu depan proyektor HID. Velg yang digunakan berdiamter 16 inci dengan profil 205/60. Kompartemen bagasi dapat menampung 430 liter saat kursi belakang dalam posisi tegak.

Interior

Kabin Suzuki SX4 S-Cross didominasi interior berwarna hitam dengan dasbor yang bergaya simple. Terdapat aksen berwarna perak di beberapa bagian kabin yang membuatnya terlihat lebih menarik. Head unit-nya dilengkapi monitor berukuran 7 inci dengan pengoperasian panel sentuh yang dapat mengoperasikan sejumlah konektivitas semacam Bluetooh, USB dan AUX.

Penampakan kabin Suzuki SX4 S-Cross (Foto: Ototaiment)
Penampakan kabin Suzuki SX4 S-Cross (Foto: Ototaiment)

Panggilan telepon secara hands free dapat dilakukan dengan metode pairing system ke smartphone. Sejumlah fitur lain seperti cruise control, paddle shift (khusus model transmisi otomatis), auto rain-sensing wiper, dan auto headlamps juga sudah tersedia di mobil ini. Sementara fitur penunjang keselamatan meliputi dual SRS airbag dan struktur bodi TECT yang berperan untuk menyerap benturan jika terjadi tumbukkan.

Mesin dan Performa

Meskipun mobil ini dibuat di India, namun terdapat perbedaan pada mesin yang digunakan. Jika pasar India mendapatkan mesin diesel berkapasitas 1.600 cc, maka untuk Indonesia mendapatkan mesin bensin 1.500 cc dengan kode M15A berteknologi VVT dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 6-percepatan. Menurut SIS, mobil ini juga mendapatkan pengurangan bobot untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis (Foto: Ototaiment)
Tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan (Foto: Ototaiment)

Kami sempat mencoba untuk melakukan test drive pada mobil ini. Namun berhubung area pengujian terbatas, maka tak cukup banyak yang bisa kami dapatkan. Performa mesin M15A terasa biasa-biasa saja dipasangkan pada mobil ini. Berhubung varian yang kami jajal adalah yang bertransmisi otomatis, kami juga mencoba untuk mengoperasikannya dengan mode manual melalui paddle shift yang ada pada balik kemudi. Hasilnya, raungan mesin jadi lebih terasa ngotot, pun saat kami melakukan shift down terasa agak kasar perpindahannya. Semoga lain kali kami mempunyai waktu lebih untuk mengujinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY